Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Gempa Majene Tak Berpotensi Tsunami

Nasional Gempa Bumi bencana alam
Muhammad Syawaluddin • 14 Januari 2021 18:43
Makassar: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan, mencatat gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter melanda Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Namun, gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami. 
 
Kasubid Pengumpulan dan Penyebaran Data Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah IV Makassar, R Jamroni, mengatakan gempa yang terjadi di Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, tidak terjadi di dalam laut. 
 
"Tidak (berpotensi tsunami) karena ini di darat. Kalau potensi tsunami kan biasanya di laut dan dangkal. Jadi tidak ada gelombang air yang terganggu," katanya, di Makassar, Kamis, 14 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jamroni menjelaskan sampai saat ini telah terjadi tiga kali gempa susulan mengguncang Kabupaten Majene. Ia menyebut penyebab terjadinya gempa lantaran pergerakan dari lempeng tektonik. Seperti dari pergeseran Mamuju thrust atau Patahan Mamuju.
 
Baca juga: Plt Wali Kota Ungkap Penerima Perdana Vaksin Covid-19 di Surabaya
 
"Sampai saat ini ada tiga gempa susulan. Namun menurun sedikit. Awalnya 5,9 menurun di 4 dan gerakan digempa utamanya tadi di 5,9," jelas dia.
 
Meski tidak berpotensi terjadi tsunami, ia mengimbau masyarakat tetap waspada. Pihaknya juga terus memantau kemungkinan terjadi gempa susulan. 
 
"Kami lakukan pemantauan. Tapi kami memberi peringatan masih ada susulan dan lain sebagainya. Masyarakat harus waspada dan tindakan legitasinya itu selalu ikut dengan BPBD," tegasnya.
 
Sebelumnya, gempa magnitudo 5,9 terjadi di Kabupaten Majene, sekitar pukul 12.30 Wita yang menyebabkan guncangan di sejumlah daerah dan dirasakan di Mamuju, Majene, Mamuju Utara, Mamuju Tengah, Toraja, Mamasa, Pinrang, Pare-pare, Wajo, Polewali Mandar, Tanah Grogot, Balikpapan dan lainnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif