Suasana di Pasar Baru Bandung
Suasana di Pasar Baru Bandung

Masih PPKM Level 4, Pedagang Pusat Perbelanjaan di Bandung Kembali Beroperasional

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 protokol kesehatan PPKM Darurat
Roni Kurniawan • 26 Juli 2021 13:48
Bandung: Para pedagang di pusat perbelanjaan di Kota Bandung kembali mulai beraktivitas di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Senin, 26 Juli 2021. Hal itu terjadi setelah Aliansi Pedagang Kota Bandung menyerukan aksi siap buka kembali pada Minggu, 25 Juli kemarin.
 
Para pedagang yang tidak termasuk dalam sektor esensial dan taktikal ini telah menjajakan barang dagangannya di masing-masing lapak. Mereka pun berupaya untuk mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker serta menyediakan tempat cuci tangan atau handsanitizer.
 
Koordinator Aliansi Pedagang Kota Bandung, Ari mengatakan, para pedagang kembali membuka lapaknya karena merasa terdesak dengan tuntutan ekonomi. Pasalnya mereka pun harus tetap memenuhi kebutuhan hidup karena tak kunjung adanya bantuan dari pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Para pedagang juga memakai masker, di pintu depan juga untuk orang yang masuk dicek suhu, disemprot handsanitizer, dan ada juga woro-woro agar pengunjung yang tak melakukan jual beli sebaiknya pulang, hal itu dilakukan setiap 25 menit sekali," kata Ari saat dihubungi via telepon, Senin 26 Juli 2021.
 
Baca: Warga Malang Bisa Isi Oksigen Gratis, Di Sini Tempatnya
 
Para pedagang yang mayoritas menjual pakaian tersebut selama ini tidak ada pemasukan. Pasalnya aturan larangan berjualan karena tidak masuk sektor esensial dan taktikal, membuat mereka kesulitan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
 
Ari menuturkan, lapak yang berada baik di ITC dan Pasar Baru merupakan tempat untuk berjualan. Bahkan dua gedung tersebut, lanjutnya, tidak ada tempat atau sarana lain seperti hiburan.
 
"Sebenarnya kan kalau ITC pasar, karena di sana tidak ada tempat hiburan, tidak ada tempat tongkrongan, tidak ada karaoke," sahutnya 
 
Pihak pengelola pun, diakui Ari sempat mematikan lampu di dalam Pasar Baru. Hal pun sempat menyulitkan para pedagang yang masih beraktivitas jual beli lewat daring.
 
"Alhamdulillah kalau sekarang lampunya sudah dinyalakan, jadi bisa beraktivitas melayani konsumen," ungkapnya.
 
Sementara itu, Kota Bandung termasuk salah satu daerah yang masih menerapkan PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021 nanti. Angka kasus covid-19 di Kota Bandung pun masih mengalami peningkatan saat ini dengan total kasus terkonfirmasi 34.865.
 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif