ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Wisatawan di Pantai Dominasi Pelanggaran Prokes

Nasional Pariwisata Virus Korona protokol kesehatan
Ahmad Mustaqim • 18 Mei 2021 11:51
Yogyakarta: Koordinator Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Noviar Rahmad, mengatakan, sebanyak 1.299 wisatawan melanggar protokol kesehatan selama libur lebaran. Dari jumlah itu, paling dominan ada di destinasi wisata pantai. 
 
"Sebagian besar (pelanggar prokes) ada di wisata pantai di Gunungkidul, seperti di Pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Sepanjang," ujar Noviar dihubungi, Selasa, 18 Mei 2021. 
 
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY ini mengungkapkan, total destinasi wisata yang diawasi ada 37 titik. Meskipun, penerapan protokol kesehatan sudah dingatkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemakaian masker di objek wisata paling banyak dilanggar selama libur lebaran," ungkapnya. 
 
Baca: Usai Lebaran, Jepara Kembali ke Zona Oranye
 
Menurut dia, wisatawan lokal DIY maupun dari luar, seperti Jawa Tengah, juga melanggar prokes penggunaan masker. Ia memperkirakan, dominasi wisatawan banyak dari lokal DIY. 
 
Noviar mengungkapkan, tidak ada persyaratan pengecekan kelengkapan hasil tes skrining covid-19, baik tes usap antigen maupun memakai GeNose C19, di destinasi wisata. Menurutnya, kepatuhan menjalankan prokes menjadi elemen penting mencegah penularan covid-19. 
 
"Karena sudah ada (pengecakan) di perbatasan. Kalau kebanyakan yang melepas masker alasannya gerah atau pengap," ungkapnya. 
 
Ia menambahkan, pelanggar protokol kesehetan sebagian sudah diberi sanksi. Sanksi itu mengacu Peraturan Gubernur DIY Nomor 24 Tahun 2021, berupa kerja sosial dan menyita kartu identitas pelanggar.
 
"Kami juga meminta pengelola wisata ikut mengawasi agar tak ada kerumunan, yakni dengan membayasi kapasitas kunjungan. Kami minta mereka tidak hanya mengedepankan faktor ekonomi," ujarnya. 

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif