Ilustrasi. (Dok/Kominfo)
Ilustrasi. (Dok/Kominfo)

Penggunaan Aplikasi Pedulilindungi di Solo Bertahap

Nasional pandemi covid-19 penanggulangan covid-19 Gibran Rakabuming Raka Kota Solo PeduliLindungi
Triawati Prihatsari • 09 September 2021 18:43
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan toleransi pada penerapan aplikasi Pedulilindungi di sejumlah fasilitas umum. Sesuai instruksi Mendagri, pemakaian aplikasi Pedulilindungi wajib bagi pengunjung restoran atau rumah makan, mal, dan fasilitas umum lainnya. 
 
"Kita kan cuma menjalani instruksi menteri dan Gubernur. Ini masalah kebiasaan saja. Ndak ada yang ribet kok, cuma menyediakan barcode. Nanti dilaksanakan bertahap, wong vaksinnya juga belum 100 persen. Kita tidak se-straight (kaku) itu kok," ujarnya di Solo, Jawa Tengah, Kamis, 9 September 2021.
 
Gibran akan memberikan toleransi bagi para pelaku usaha terutama restoran dan rumah makan untuk menyediakan aplikasi Pedulilindungi tersebut. Namun demikian, dia tetap menekankan penggunaan aplikasi itu untuk semua aspek ke depan nanti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: 4 Napi Lapas Tangerang Segera Dioperasi Plastik
 
Sementara itu, Kepala Satpol PP Solo, Arif Darmawan, mengakui peraturan terkait penggunaan aplikasi Pedulilindungi terbilang mendadak. Untuk itu, pihaknya memberikan kelonggaran terhadap pelaku usaha hingga kelengkapan alat dan secara teknis dinyatakan siap.
 
"Kita tidak akan terlalu kaku untuk menerapkan regulasi yang satu ini. Karena memang membutuhkan waktu untuk menerapkannya," imbuhnya. 
 
Kendati demikian, Satpol PP Solo terus mendorong pelaku usaha untuk segera mengajukan permohonan izin penggunaan aplikasi Pedulilindungi. 
 
"Sementara kami akan fokuskan pengawasan pada potensi kerumunan. Kami kerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Perdagangan juga. Terkait pendaftaran untuk pengajuan QR Code aplikasi tersebut. Karena resto dan kafe ada yang diurus Dinas Pariwisata, kemudian ada juga beberapa yang dikelola oleh Dinas Perdagangan," bebernya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif