Hipertensi dan ISPA, Gangguan Kesehatan Dominan pada Sopir Bus
Petugas memeriksa kondisi kesehatan sopir bus di Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Rabu 13 Juni 2018, Medcom.id - Farhan Dwi
Tangerang: Sopir bus di Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Banten, mengeluhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Keluhan itu muncul saat Dinas Kesehatan kota Tangsel, BNN, dan Dishub Tangsel memeriksa sopir bus di terminal tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Suhara Manullang menerangkan, berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan tes urin yang dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional dan Dinas perhubungan kota Tangsel. 

Petugas menemukan delapan sopir bus hipertensi. Sementara beberapa pengemudi lain mengalami ISPA.


“Dari 27 awak bus yang kami periksa semuanya negatif narkotika. Penyakit yang dialami hipertensi ada 8 awak bus, kemudian ISPA dan beberapa awak bus yang usianya harus dievaluasi, nanti kami bicarakan dengan Dinas Perhubungan,” katanya, Rabu 13 Juni 2018. 

Namun begitu, Suhara memastikan, awak bus dengan penyakit yang dialaminya itu, masih memungkinkan untuk bekerja membawa penumpang. 

“Karena dengan obat yang kami berikan ini bisa teratasi dan bisa melanjutkan perjalanan. selain karena kondisi fisik mereka juga masih sangat mungkin dan tanda-tanda vital tak ada yang mengkhawatirkan,” bilangnya. 

Dari pemeriksaan laboratorium dan pemeriksaan kesehatan umum ini, pihaknya lanjut Suhara hanya memberikan rekomendasi kepada pihak terkait, apakah awak bus ini bisa melanjutkan perjalanan atau tidak. 

“Yang penting dari pemeriksaan ini, para awak bus bisa menyadari kondisi mereka. Sehingga kalau dia sudah merasa tidak kuat, ya jangan dipaksakan,” ucapnya.




(RRN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id