ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Gelombang Tinggi Hingga 3,5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan NTT

Antara • 28 Februari 2022 08:21
Kupang: Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga pesisir, nelayan, dan operator kapal mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi menghampiri tiga wilayah perairan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Potensi ini diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.
 
Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang Syaeful Hadi mengatakan ketiga wilayah itu ialah Samudra Hindia selatan Sumba-Sabu, perairan selatan Kupang-Rote, dan Samudra Hindia selatan Kupang-Rote. Ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 2,5-3,5 meter.
 
"Gelombang dengan tinggi  2,5 sampai 3,5 meter berisiko membahayakan keselamatan pelayaran kapal feri," kata Hadi, Senin, 28 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syaeful mengatakan wilayah perairan NTT yang lain diprakirakan menghadapi gelombang dengan ketinggian 1,5 dan 2,5 meter. Gelombang sedang ini juga perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap perahu nelayan maupun kapal tongkang.
 
Baca:  Waspada! Gelombang Tinggi Ancam Perairan Sulut

 
Syafeul menjelaskan berdasarkan analisis kondisi sinoptik secara umum, angin bertiup dari arah barat ke barat Laut. Kecepatannya, dua sampai enam Skala Beaufort di wilayah perairan NTT.
 
"Para nelayan maupun operator kapal perlu mewaspadai potensi cuaca yang terjadi selama beberapa hari ke depan ini agar tidak tidak terjadi hal-hal yang merugikan di laut," ujar dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif