ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Intensitas Hujan di Sejumlah Wilayah Sumbar Meningkat

Nasional prakiraan cuaca
Antara • 30 Juli 2020 13:15
Padang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman memprakirakan intensitas hujan kembali meningkat di sejumlah wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Kondisi tersebut diprediksi terjadi dalam beberapa hari ke depan.
 
"Diprakirakan untuk tiga hari ke depan curah hujan kembali meningkat di sejumlah wilayah Sumbar, terhitung sejak 30 Juli hingga 1 Agustus 2020," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Minangkabau, Yudha Nugraha, di Padang, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Baca: Harga Daging di Aceh Capai Rp200 Ribu per Kg

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan analisis klimatologi BMKG Minangkabau diperkirakan masih terjadi intensitas hujan ringan, sedang, hingga lebat di beberapa wilayah di Sumbar yang terjadi pada siang hingga malam.
 
Yudha mengatakan perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang hingga sore hari di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Limapuluh Kota dan Kab Solok.
 
Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari diperkirakan terjadi di wilayah Pasaman, Bukittinggi, Tanah Datar, Agam dan Padang Pariaman.
 
Kemudian pada Jumat, 31 Juli 2020, BMKG memprediksi potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di wilayah Kepulauan Mentawai.
 
"Beberapa wilayah lainnya diperkirakan hanya terjadi curah hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," ungkap Yudha.
 
Lebih lanjut Yudha mengatakan sampai saat ini cuaca di Sumbar masih cenderung berawan dengan kelembaban udara masih cukup tinggi berkisar 70 sampai 95 persen dan suhu udara berkisar antara 18 sampai 31 derajat Celsius.
 
"Sedangkan cuaca di beberapa wilayah di Sumbar diperkirakan pada pagi hari berawan hingga cerah berawan dan pada siang hingga sore yaitu cerah berawan," ujarnya.
 

(DEN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif