Bandung Indah Plaza, salah satu mal di Kota Bandung yang tidak beroperasional untuk mencegah penyebaran covid-19. (Foto: Medcom.id/Roni)
Bandung Indah Plaza, salah satu mal di Kota Bandung yang tidak beroperasional untuk mencegah penyebaran covid-19. (Foto: Medcom.id/Roni)

Operasional Mal di Bandung Menunggu Keputusan Wali Kota

Nasional Virus Korona New Normal
Antara • 03 Juni 2020 14:26
Bandung: Pusat perbelanjaan di Kota Bandung, Jawa Barat, dimungkinkan segera beroperasi kembali. Namun dibukanya kembali mal harus berdasarkan keputusan Wali Kota Bandung, Oded M Danial.
 
"Nanti setelah kita evaluasi dalam minggu ini (keputusan mal), yang jelas minggu ini tidak akan buka," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna, di Bandung, Rabu, 3 Juni 2020, melansir Antara.
 
Dia menerangkan, mulanya Pemerintah Kota Bandung melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyatakan mal tidak boleh beroperasi saat perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara proposional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tapi, kini sebanyak 23 mal di Kota Bandung melakukan simulasi menghadapi adaptasi kebiasaan baru (AKB) hingga Jumat, 5 Juni 2020. Kemudian hasil dari simulasi tersebut bakal dilaporkan kepada wali kota.
 
"Kalau kata wali kota oke, alasan kita bisa diterima. Tapi bisa saja rekomendasi kita jangan (diizinkan) dulu, karena kami melihat mal belum siap. Atau sebaliknya," bebernya.
 
Baca:Jabar Terbitkan Pergub Menuju New Normal
 
Dia mengungkap, bisa saja tidak seluruhnya 23 mal diizinkan beroperasi di tengah pandemi. Kelayakan pengoperasian mal bakal dilihat dari kesiapan pengelola mal maupun gerai dalam menerapkan prosedur protokol kesehatan.
 
"Ya bukan seluruhnya (tidak diizininkan), ya mal itu saja yang ditinggalkan (yang tidak memenuhi prosedur)," kata Ema.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah, mengatakan nantinya selama simulasi, kekurangan mal bakal disampaikan kepada pihak manajemen. Sehingga mal yang diizinkan beroperasi siap menghadapi AKB.
 
"Apa yang kurang, disampaikan kepada manajemen, supaya pada saat operasional dilengkapi," kata Elly.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif