Menteri Persadagangan, Agus Suparmanto (tengah depan). Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Menteri Persadagangan, Agus Suparmanto (tengah depan). Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Mendag Yakin Perekonomian Segera Bangkit

Nasional Virus Korona New Normal
Ahmad Mustaqim • 02 Juli 2020 12:57
Yogyakarta: Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, yakin perekonomian segera bangkit meski pandemi covid-19 masih berlangsung. Walaupun, kata dia, ada sejumlah catatan yang harus dijalani para pelaku ekonomi.
 
"Syaratnya semua mematuhi protokol kesehatan, semua akan aman," kata Menteri Agus di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Agus mengatakan, situasi konsumsi dalam negeri mempengaruhi pendapatan domestik bruto (PDB). Ia melihat, kebutuhan masyarakat terhadap berbagai bahan pokok meningkat setelah beberapa bulan terus berada di rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebutuhan harga pokok stabil, tapi memang jumlah konsumen turun," ujarnya.
 
Baca:Tiga Perusahaan Asing Incar Kawasan Industri Batang
 
Ia menerangkan, pasar tradisional dan pusat berbelanjaan akan tetap buka dengan proses pencegahan covid-19. Sementara, bila ditemukan kasus pedagangan atau konsumen terinfeksi covid-19 segera ditangani.
 
Menurut Agus, pasar yang dalam kondisi itu akan ditutup sementara. Selanjutkan, akan dilakukan penyemprotan disinfektan serta tracing kasus.
 
"Pasar akan dibuka lagi setelah proses itu. Yang positif ditangani, pasar disterilisasi. Pasar dibuka lagi setelah semua aman," ungkapnya.
 
Agus menegaskan, sendi-sendi perekonomian harus terus bergerak. Pasar rakyat harus tetap beroperasi untuk menyalurkan hasil pertanian. Pasar maupun retail modern, katanya, harus buka dengan mengutamakan kesehatan para pelaku ekonomi.
 
"Selama ini kami terus memberikan kesadaran mematuhi prosedur pencegahan covid-19. Setiap kami berikan penjelasan respon pedagangan selalu positif," ucapnya.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif