Patung obor yang berdiri tegak di perempatan Pakembaran, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pakai masker. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Patung obor yang berdiri tegak di perempatan Pakembaran, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pakai masker. (Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Patung di Kabupaten Tegal Ikut Pakai Masker

Nasional Virus Korona
Kuntoro Tayubi • 08 April 2020 17:13
Tegal: Patung obor di perempatan Pakembaran, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ikut mengenakan masker ditengah pandemi virus korona. Pemerintah Kabupaten Tegal sengaja memakaikan masker itu guna mengampanyekan pencegahan penularan covid-19.
 
"Tidak ada maksud lain dari pemasangan masker di patung obor ini selain menggunggah dan mengingatkan para pengguna jalan serta publik agar selalu menggunakan masker saat berada di luar rumah," kata Bupati Tegal, Umi Azizah, Rabu, 8 April 2020.
 
Masker berukuran jumbo yang dipesan Umi secara khusus, dipasang oleh staf bagian Humas Pemkab Tegal dan Dinas Permukiman dan Tata Ruang, pada Rabu pagi. Ia berharap kesadaran masyarakat tergugah melalui media tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Penumpang Kereta Api Wajib Pakai Masker
 
"Komunikasi publik caranya macam-macam. Kalau di media sosial, banyak warganet yang ikut mengampanyekan imbauan pemerintah dengan cara unik, cerdas, hingga jenaka. Tujuannnya sama, membangun kesamaan persepsi yang berujung kesadaran publik," jelasnya.
 
Pemasangan masker, lanjut Umi, tidak hanya di patung obor. Sejumlah patung yang letaknya strategis di persimpangan jalan seperti pertigaan Tuwel juga dipasang masker serupa.
 
Kebijakan pemerintah itu, imbuh Umi, sudah ditindaklanjuti dengan menerapkan kebijakan sektoral area wajib masker di unit pelayanan publik pemerintah. Seperti rumah sakit dan Puskesmas.
 
"Pemilik toko juga bisa mewajibkan pembelinya menggunakan masker kain saat akan berbelanja. Jika tidak membawa, bisa diberikan gratis, hitung CSR perusahaan atau bisa membelinya dengan harga terjangkau," pungkasnya.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif