Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Jalur Lintas Aceh Barat-Pidie Lumpuh Akibat Longsor

Nasional tanah longsor
Antara • 13 November 2019 11:57
Meulaboh: Ruas jalan provinsi di lintasan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju ke Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, sepanjang Rabu, 13 November 2019 lumpuh total setelah badan jalan di kilometer 32 kawasan Desa Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat tertutup material longsor.
 
"Hingga Rabu siang, akses jalan Meulaboh-Geumpang, Pidie lumpuh total karena badan jalan tertutup material longsor tebing gunung," kata Koordinator Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Mashuri, melansir Antara, Rabu, 13 November 2019.
 
Dampak musibah tersebut, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang akan melintas menuju ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat maupun ke Sigli, ibu kota Kabupaten Pidie ikut terjebak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, longsornya tebing gunung di kawasan hutan tersebut diduga akibat guyuran hujan lebat yang melanda Aceh Barat sejak beberapa hari terakhir. Namun, Mashuri memastikan tidak ada pengguna jalan yang menjadi korban dalam musibah tersebut.
 
"Hujan deras saat ini masih mengguyur di sekitar lokasi longsor," kata Mashuri.
 
BPBD Aceh Barat, imbuh dia, tengah berupaya membersihkan material longsor dari badan jalan dengan mendatangkan alat berat ke lokasi. Pihaknya juga mengimbau pengguna jalan yang akan melintas di sekitar lokasi agar berhati-hati dan waspada, karena musibah longsor dapat terjadi secara tiba-tiba.
 
"Struktur tanah labih sehingga bisa longsor tiba-tiba," jelasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif