Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto. Foto: Mustholih
Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto. Foto: Mustholih

3 Ribu Rumah di Jateng Rusak Diterjang Puting Beliung

Nasional cuaca ekstrem
Mustholih • 30 Oktober 2019 19:21
Semarang: Ribuan rumah penduduk di Jawa Tengah rusak diterjang angin puting beliung selama sepekan. Angin kencang akibat cuaca ekstrem menjelang datangnya musim hujan.
 
Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto, menyatakan saat ini pihaknya sedang mendaftar rumah-rumah warga yang bakal menerima bantuan revonasi.
 
"Totalnya ada 3 ribu rumah yang terdampak. Kami berharap jangan sampai ada warga yang berhak menerima tapi malah tidak menerima. Jadi harus hati-hati," kata Sudaryanto di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 30 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sudaryanto, Provinsi Jateng bakal menggelontorkan dana Rp1,4 miliar untuk memperbaiki rumah-rumah warga. "Tim sedang melakukan survei untuk mendata agar bantuan tidak salah sasaran," ujar Sudaryanto menegaskan.
 
Sudaryanto berujar puting beliung sempat menerjang Kabupaten Brebes, Boyolali, Tegal, Banjarnegara, Pati, Karanganyar, Wonogiri, Magelang, dan Wonosobo. "Rumah warga yang masuk kategori rusak berat jadi bagian tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi," jelas Sudaryanto.
 
Sudaryanto mengatakan cuaca ekstrem memang kerap melanda Jateng jelang musim hujan. Dia meminta warga lebih berhati-hati.
 
Sudaryanto menuturkan musim hujan diperkirakan jatuh pada awal November 2019. "Jadi perlu diwaspadai cuaca ekstrem seperti angin kencang, petir, dan curah hujan tinggi dalam waktu singkat," tegas Sudaryanto.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif