Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. MI/Rommy Pujianto.
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. MI/Rommy Pujianto.

Kapolda Jabar Didesak Turun Selesaikan Ricuh Tamansari

Nasional kerusuhan
Putri Rosmala • 13 Desember 2019 16:40
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arsul Sani meminta Polri mengusut tuntas kasus penggusuran rumah deret di Tamansari, Bandung. Penggusuran itu berujung kericuhan antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan polisi dengan masyarakat.
 
"Kasus-kasus penggusuran yang kemudian menimbulkan kerusuhan itu saya kira harus jadi bahan evaluasi kalau itu yang melibatkan Polri ya harus dijadikan evaluasi dari atasan langsung satuan Polri yang bersangkutan (Polda Jabar)," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Seluruh pihak yang terlibat dalam penggusuran juga harus diperiksa. Arsul menyebut Pemerintah Kota Bandung harus memastikan petugas penggusuran tak menyalahi standar operasional prosedur (SOP).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa kok sampai terjadi keributan. Saya juga menyaksikan video yang viral itu. Itu penyebabnya apa, saya kira itu harus diusut tuntas. Divisi Propam Polri perlu juga turun," ujar Arsul.
 
Kericuhan pecah saat penggusuran kawasan Tamansari, Bandung, Kamis, 12 Desember 2019. Warga terdampak gusuran beralasan belum menerima surat pemberitahuan. Lemparan gas air mata dan saling pukul sempat mewarnai penggusuran.
 
Warga terdampak akhirnya menerima digusur dan mengungsi ke masjid di sekitar lokasi. Mereka tetap bertahan untuk menuntut kejelasan dari Pemerintah Kota Bandung.
 
"Kita akan tetap di sini, karena gugatan kita yang ketiga masih berlangsung dua minggu lagi. Ini rumah kita, kita masih punya hak di sini," jelas Sekertaris RW 11 Kelurahan Tamansari, Eva Eryani Effendi di lokasi pengungsian.
 
Sebanyak 25 pemuda ditangkap karena diduga terlibat dalam kericuhan tersebut. Kepala Polrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan 25 pemuda itu menjalani pemeriksaan badan hingga tes urine.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif