ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.
ilustrasi medcom.id/ Muhammad Rizal.

Pemkot Tangerang Tak Masalah Honorer Dihapus

Nasional tenaga honorer
Hendrik Simorangkir • 22 Januari 2020 20:20
Tangerang: Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang, Akhmad Lutfi, mengatakan tidak mempermasalahkan penghapusan tenaga kerja honorer. Menurutnya di lingkungan Pemkot Tangerang tidak memiliki tenaga honorer.
 
"Tidak masalah dihapus. Karena di sini (Pemkot Tangerang) tidak ada pegawai honorer," kata Akhmad saat dikonfirmasi, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Akhmad menjelaskan Pemkot Tangerang selama 10 tahun tak pernah memperkerjakan pegawai honorer, melainkan merekrut tenaga kerja harian lepas (THL). Ia menambahkan status kerja pegawai honorer dengan THL berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti honorer guru dibayar dengan Dana BOS yang berasal dari pusat. Sedangkan THL, dibayar per kegiatan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD)," jelas Akhmad.
 
Akhmad menuturkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, tidak ada istilah tenaga honorer, apalagi THL di lingkungan pemerintahan.
 
"Hanya ada pegawai negeri sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)," ungkap Akhmad.
 
Sebelumnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui penghapusan tenaga kerja honorer.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif