Warga Bandung menanam ganja di pekarangan rumah, Senin, 22 Juli 2019. Medcom.id/ P Aditya Prakasa.
Warga Bandung menanam ganja di pekarangan rumah, Senin, 22 Juli 2019. Medcom.id/ P Aditya Prakasa.

Dua Warga Bandung Ditangkap karena Tanam Ganja di Pekarangan

Nasional narkoba
P Aditya Prakasa • 22 Juli 2019 11:44
Bandung: Anggota Polrestabes Bandung menangkap dua warga Rancasawo, Kota Bandung, bernama Yoga, 35, dan Ricky, 30, karena menanam pohon ganja di pekarangan rumah. Selain menanam ganja mereka juga kedapatan memiliki narkotika jenis sabu.
 
Kepala Polrestabes Bandung Kombes Irman Sugema mengatakan mereka ditangkap di rumahnya masing-masing sekira pukul 23.00 WIB. Penangkapan mereka bermula setelah salah seorang warga melaporkan para tersangka ke polisi.
 
"Dari kasus Yoga, anggota Satres Narkoba Polrestabes Bandung melakukan pengembangan. Tersangka Yoga memberikan informasi bahwa tanaman ganja itu diperoleh dari tersangka Ricky," kata Irman di lokasi penangkapan, Rancasawo, Kota Bandung, Senin, 22 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Irman menjelaskan saat ditangkap, Yoga memiliki empat bungkus plastik ganja kering berat 1,5 kg siap edar. Yoga kedapatan memiliki 38 paket sabu seberat 14,80 gram.
 
Di tempat yang sama, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah menggatakan pihaknya langsung mendatangi kediaman Ricky setelah menginterogasi Yoga. Tak jauh dari rumah Ricky, polisi mendapat lahan kosong dengan puluhan pot yang ditanami ganja.
 
"Dari tersangka Ricky, petugas mengamankan 35 pot berisi bibit tanaman ganja dan dua petak tanah ukuran 60X40 cm berisi bibit tanaman ganja," jelas Irfan.
 
Kepada petugas tersangka Ricky mengaku mendapat biji ganja dari tersangka Yoga. Kemudian biji ganja tersebut ditanam oleh Yoga seminggu yang lalu.
 
Yoga dan Ricky mengatakan tujuan menanam ganja untuk eksperimen membuat bonsai tanaman ganja dan untuk dikonsumsi sendiri. Polisi pun masih menyelidiki dan mengembangkan asal muasal bibit ganja tersebut.
 
"Guna penyelidikan lebih lanjut tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor Satres Narkoba Polrestabes Bandung. Mereka mengaku untuk dibuat bonsai dan dikonsumsi sendiri, tapi dengan sebanyak ini diduga akan dijual juga," beber Irfan
 
Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) jo 112 ayat (2), Jo 111 ayat (2) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Yoga dan Ricky terancam hukuman di atas lima tahun penjara bahkan seumur hidup.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif