Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

SKPD Pemprov Sulsel Terindikasi Perjalanan Dinas Fiktif

Nasional kasus korupsi
Muhammad Syawaluddin • 07 Juli 2019 18:27
Makassar: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sulawesi Selatan terindikasi melakukan tindak pidana korupsi yakni perjalanan dinas fiktif.
 
"Hampir semua SKPD (6 SKPD) yang diperiksa itu ada (perjalanan fiktif). Dan mungkin semuanya (SKPD) itu ada (perjalanan fiktif)," kata Koordinator Wilayah (Korwil) VIII Korsubgah KPK Wilayah Sulawesi, Adlinsyah Malik Nasution, saat dikonfirmasi, di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 7 Juli 2019.
 
Enam SKPD itu direkomendasikan oleh KPK untuk diperiksa lebih lanjut oleh Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan. Pemeriksaan enam SKPD lingkup Provinsi Sulawesi Selatan itu ditemukan ada indikasi dugaan perjalanan fiktif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengatakan, KPK telah merekomendasikan kepada Inspektorat Sulawesi Selatan untuk memeriksa beberapa SKPD yang diduga melakukan tindak pidana korupsi.
 
"Ada yang bakal diperiksa lagi oleh Inspektorat yakni BPKAD, Bapenda, dan Bappeda," kata Adlinsyah.
 
Enam OPD yang telah diperiksa masing-masing adalah Dinas Kesehatan (Diskes) Sulsel, Dinas Bina Marga, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA), Dinas Pendidikan (Disdik), serta Sekretariat DPRD Sulsel.
 
Adlinsyah mengatakan, ke enam SKPD tersebut diduga telah menyalahgunakan anggaran tahun 2017 hingga 2019. Mereka diduga melakukan perjalanan dinas fiktif. Karena, adanya laporan yang masuk ke KPK.
 
"Saat ini yang telah diperiksa itu baru sampling. Saya sudah meminta kepada Inspektorat untuk melakukan pemeriksaan lebih luas lagi," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif