Aksi damai mahasiswa Papua di Bogor, Jawa Barat. (ANT/ARIF FIRMANSYAH)
Aksi damai mahasiswa Papua di Bogor, Jawa Barat. (ANT/ARIF FIRMANSYAH)

Mahasiswa Papua di Ternate Minta Jaminan Keamanan

Nasional Kerusuhan Manokwari
Antara • 22 Agustus 2019 12:10
Ternate: Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) Ternate, Maluku Utara, meminta jaminan keamanan kepada pemerintah daerah. IMP mengaku terganggu dengan rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur.
 
Para mahasiswa menyampaikan permintaan ke Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba untuk memastikan keamanan mahasiswa Papua. "Kita minta tidak ada provokasi dari masyarakat," ujar Ketua IMP Maluku Utara Malut, Hendri Ruamba, di Ternate, Kamis, 22 Agustus 2019.
 
Hendri mengaku belum ada pergerakan masyarakat di Ternate terkait kerusuhan di Papua. Tapi, pihaknya khawatir terjadi hal tidak diinginkan di kemudian hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita jamin kenyamanan dan keamanan mereka selama di Maluku Utara, karena mereka adalah saudara dan bagian dari kita," sambung Gubernur.
 
Baca:Yenny Segarkan Ingatan Soal Gus Dur di Papua
 
Aksi damai berbuntut kerusuhan terjadi di Manokwari, pada Senin, 19 Agustus 2019. Aksi bermula menyuarakan menolak rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Tak hanya di Manokwari, aksi bermunculan di Sorong, Papua Barat.
 
Unjuk rasa di Sorong berujung ricuh. Sejumlah fasilitas umum seperti Kantor DPRD, Bandara Domine Eduard Osok, dan Lapas Kota Sorong rusak.Suasana semakin panas setelah sejumlah konten berisi dugaan penyerangan mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya tersebar via media sosial. Salah satu narasi video dianggap mendiskriminasi warga Papua di Tanah Jawa.
 
Baca:Majelis Rakyat Papua Tuntut Polisi Usut Cepat Rasialisme
 
Demonstrasi merembet hingga Fakfak, Papua Barat dan Mimika, Papua. Aksi sempat berujung rusuh, tapi polisi bisa mengendalikan situasi dan belasan orang ditangkap diduga menunggangi aksi. (Nuansa Islami)
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif