Pelaku pencabulan dikeluarkan dari rutan untuk diperiksa penyidik Polres Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Pelaku pencabulan dikeluarkan dari rutan untuk diperiksa penyidik Polres Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)

Iming-Iming Rp4.000, Kakek di Brebes Cabuli 8 Anak Tetangga

Nasional pencabulan
Kuntoro Tayubi • 09 Desember 2019 20:21
Brebes: Seorang Kakek di Brebes, Jawa Tengah, ditangkap Satreskrim Polres Brebes gegara mencabuli 8 anak bawah umur. SR, 55, warga Paguyangan, ditangkap dikediamannya oleh petugas tanpa perlawanan.
 
Kapolres Brebes, AKBP Aris Supriyon, mengatakan pengungkapan kasus dugaan pencabulan setelah mendapatkan laporan dari orang tua korban, Sabtu, 7 Desember lalu. Setelah mendapatkan laporan itu, pihak kepolisian langsung melakukan penangkapan.
 
"Awalnya salah satu orang tua korban ada yang mendapat laporan dari saksi pada hari Selasa, 3 Desember lalu. Orang tua korban tersebut menanyakan langsung ke anaknya," kata Aris usai gelar perkara, di Mapolres Brebes Senin, 9 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aris menjelaskan, modus yang dilakukan pelaku membujuk korban untuk melakukan perbuatan cabul dengan mengiming-imingi uang dengan total sebesar Rp28.000 yang diberikan kepada empat korban.
 
Akibat perbuatan tersebut, pelaku diancam Pasal 82 UU RI No. 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman kurungan penjara maksimal 15 tahun penjara.
 
"Petugas sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Termasuk sejumlah uang yang digunakan pelaku untuk mengiming-imingi korban," ungkapnya.
 
Akibat perbuatannya SR terancam hukungan kurungan penjara maksimal 15 tahun. Kasus ini masih dalam pengembangan apakah ada korban lain atau tidak.
 
Sementara itu, pelaku SR mengakui perbuatannya. Namun, ia membantah bahwa jumlah korban perbuatan cabul yang dilakukannya bukanlah delapan melainkan lima anak. Uang yang diberikan juga hanya Rp4.000 per anak agar mau mengikuti perbuatan kejinya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif