Upaya Entaskan Kemiskinan, Kemensos Salurkan Bantuan Rp1,12 Miliar

Gervin Nathaniel Purba 30 Oktober 2018 14:28 WIB
Berita Kemensos
Upaya Entaskan Kemiskinan, Kemensos Salurkan Bantuan Rp1,12 Miliar
Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita (Foto:Dok)
Pangkep: Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan sejumlah bantuan senilai Rp1,12 miliar kepada masyarakat di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, pada Selasa, 30 Oktober 2018. Bantuan diberikan dalam acara Bakti Sosial Jelajah Kapal Kepahlawanan.

Sejumlah bantuan tersebut meliputi pengobatan gratis untuk 300 orang, renovasi empat unit MCK di Kampung Nelayan, perlengkapan sekolah sebanyak 50 paket, seribu paket buku cerita, dan peralatan olahraga (20 bola voli, 20 net voli, 20 bola kaki, dan 20 bola futsal).

Ada juga bantuan alat kesehatan (10 kursi roda, 10 tongkat kruk, 10 tongkat netra, 10 tongkat duduk, lima alat bantu dengar, dan 200 kaca mata gratis), pembangunan jalan tani desa/pembangunan tugu senilai Rp300 juta, bantuan penguatan kearifan lokal untuk sanggar seni tari dan seni musik tradisional sebesar Rp100 juta, satu unit mobil tangki air, dan perbaikan dua unit sarana lingkungan (sarling) di Kampung Nelayan Maccini Baji, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.



(Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Plt Sekretaris Direktorat Jenderal Pemberdayaan Kemensos Bambang Mulyadi, Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid, Ketua Umum Panitia Pusat Hari Pahlawan 2018 Agustanzil Sjahroezah, dan jajaran dari TNI Angkatan Laut (AL) beserta Polri kepada perwakilan warga. Turut hadir 400 peserta Jelajah Kapal Kepahlawanan dan Bakti Sosial Jelajah Kapal Kepahlawanan.


(Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Bambang Mulyadi mengatakan kegiatan bakti sosial ini dapat terselenggara berkat kerja sama Kemensos dengan masyarakat, dunia usaha, yayasan, dan beberapa pihak terkait. Bambang memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan kegiatan ini.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah terlibat dan bahu membahu menyukseskan kegiatan ini," ujar Bambang.

Bakti Sosial dilaksanakan sebagai wujud peran serta, kepedulian sosial, kesetiakawanan sosial, dan tanggung jawab sosial masyarakat. Adanya peran serta masyarakat menunjukkan bahwa melaksanakaan tanggung jawab sosial bukan hanya beban pemerintah saja. 

 
(Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

"Saya percaya bahwa dengan komitmen untuk mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat yang berkeadilan, dilakukan secara terintegrasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha akan memberikan hasil yang lebih baik," ujarnya.

Bakti sosial ini merupakan rangkaian kegiatan Jelajah Kapal Kepahlawanan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional. Para peserta yang mayoritas anak muda dari berbagai unsur sangat antusias mengikutinya.


(Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

"Jelajah Kapal Kepahlawanan merupakan kegiatan positif yang dapat dijadikan sarana untuk mempertebal rasa nasionalisme, menumbuhkan rasa kebersamaan, melatih kedisiplinan, menempa menjadi pribadi tangguh dan peduli terhadap sesama," kata Bambang. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pangkep Syamsuddin A Hamid mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Kemensos. Bantuan ini sangat berguna bagi keluarga tidak mampu dan diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan.

 
(Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

"Terdapat 350 ribu jiwa di Kabupaten Pangkep. Tingkat kemiskinan masih berada pada posisi termiskin kedua di Sulawesi Selatan. Mereka masih butuh sentuhan kebijakan yang sama dengan kebijakan yang dilakukan Kemensos, hari ini," kata Syamsuddin.

Bambang bersama rombongan kemudian meninjau hasil renovasi empat unit MCK di Kampung Nelayan, Kelurahan Pundata Baji, Kecamatan Labbakkang, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Mereka juga mengecek perbaikan dua unit sarana lingkungan (sarling) di tempat yang sama.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id