Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Petugas Siaga di Sepanjang Sungai Antisipasi Lahar Semeru

Nasional erupsi gunung gunung semeru
Daviq Umar Al Faruq • 04 Desember 2020 19:02
Lumajang: Petugas gabungan penanggulangan bencana di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, bersiaga di bantaran sungai. Hal itu untuk mengantisipasi adanya lahar dingin imbas erupsi Gunung Semeru.
 
"Ya potensi lahar dingin ada, makanya kita siagakan anggota di sepanjang sungai untuk sosialisasi dan menghalau kalau ada warga yang mendekati bantaran sungai," kata Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi, Jumat, 4 Desember 2020.
 
Baca: Kasus Covid-19 di Tegal Tembus 2.078 Orang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wawan menjelaskan pada Kamis, 3 Desember 2020, hujan deras mengguyur daerah hulu Gunung Semeru. Debit air membawa lumpur, batu, kayu, dan material vulkanis sampai dusun terdekat hingga menyebabkan banjir lahar dingin.
 
"Kemarin muncul lahar dingin sisa material yang ada banyak, sehingga meleleh dan mengakibatkan terjadinya lahar dingin," jelasnya.
 
Sementara kondisi hari ini hujan yang turun tidak begitu deras seperti hari kemarin. Hujan abu pun sudah mulai tak terlihat.
 
"Nggak ada hujan abu, cuma ada hujan air. Hujan air sekarang cuma intensitas rendah, nggak deras, kalau kemarin hujannya intensitas tinggi cuma untungnya nggak lama," ungkapnya.
 
Di sisi lain Gunung Semeru kembali memuntahkan lava pijar, dini hari tadi. Hanya lava pijar yang keluar tidak sebanyak sebelumnya yaitu hanya sekitar 500-750 meter.
 
"Keluarnya nggak lama, cuma sebentar. Itu lava pijar setelah keluar bertahan gitu aja. Ya lama-lama habis. Nggak bisa dihitung menit," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif