Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tak Ada Pengamanan Khusus Jelang HUT OPM

Nasional organisasi papua merdeka
Roylinus Ratumakin • 13 November 2019 20:10
Jayapura: Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih tak akan melakukan pengamanan khusus jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Kolonel Eko Daryanto mengatakan pihaknya hanya tetap berkoordinasi dengan polisi terkait pengamanan tersebut.
 
"Tidak ada pengamanan atau penerjunan penambahan pasukan secara khusus," kata Eko di Jayapura, Papua, Rabu, 13 November 2019.
 
Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Paulus Waterpauw, mengatakan pihaknya sudah mendapat informasi terkait adanya sejumlah kelompok yang akan merayakan 1 Desember dengan doa bersama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Intinya kami akan mengantisipasi keamanan saat 1 Desember 2019. Jika tak mengikuti aturan yang ditetapkan, kami akan tindak tegas," jelas Waterpauw.
 
Dikatakan pihaknya sama sekali tidak alergi dengan penyampaian pendapat di muka umum ataupun doa bersama. Tapi, jika dalam kegiatan tersebut melanggar aturan yang berlaku pihaknya tidak segan-segan untuk menindaknya.
 
Sementara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Papua, Hery Dosinaen meminta warga Kota Jayapura dan Papua secara umum untuk tidak takut atau curiga berlebihan jelang peringatan tersebut.
 
"Jangan terprovokasi isu yang sengaja disebar oknum-oknum tertentu yang mempunyai kepentingan membuat situasi di tanah Papua ini tidak aman," kata Hery.
 
Menurut Hety, sebaiknya 1 Desember dilakukan ibadah. Apalagi beberapa waktu lalu Papua baru mengalami hal pahit, yang mana banyak jatuh korban jiwa maupun harta benda.
 
"Mari kita sama-sama menjaga Tanah Papua ini tetap aman dan sejahtera," ujarnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif