Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Palangka Raya Waspada Potensi Karhutla

Nasional kebakaran hutan
Antara • 14 Juni 2019 14:42
Palangka Raya: Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, mengingatkan wargnya untuk waspada potensi ancaman kebakaran hutan dan lahan saat memasuki musim kemarau. Dia meminta warganya belajar dari pengalaman.
 
"Saat ini kita semua harus mulai siaga terhadap potensi karhutla," kata Fairid di Palangka Raya, Jumat, 14 Juni 2019, melansir Antara.
 
Dia mengatakan, pemerintah kota terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terutama satuan tugas (satgas) kebakaran hutan dan lahan. Fairid melanjutkan, satgas tengah berpatroli memantau kawasan dan lahan yang rawan terbakar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fairid menerangkan, soal anggaran telah disiapkan pemerintah kota. Selain itu, untuk memaksimalkan antisipasi pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah provinsi.
 
"Untuk pencegahan mohon dipahami dan dijalankan. Kami utamakan pencegahan jadi sebisa mungkin jangan bakar lahan besar-besaran tapi harus terkontrol. Jangan buang puntung rokok sembarangan karena bisa memicu kebakaran lahan," bebernya.
 
Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri, meminta seluruh pemerintah kabupaten/kota mengoptimalkan ekskavator mini untuk membuka dan membersihkan lahan milik masyarakat. Khususnya petani, agar tidak ada yang membuka lahan dengan membakar pada tahun ini.
 
"Ekskavatorsudah diberi pemerintah pusat melalui provinsi. Jadi, manfaatkan itu untuk membantu masyarakat membersihkan ataupun membuka lahan," kata Fahrizal.
 
Dia menilai, karhutla terjadi bukan semata-mata akibat alam, melainkan karena ulah manusia membuka lahan dengan membakar.Fahrizal mengatakan, pemerintah se-Kalteng perlu mendorong dan memotivasi aparatur serta masyarakat desa membentuk kelompok peduli api. Kelompok itulah yang nanti menjadi garda terdepan petugas penanggulangan karhutla, sehingga kebakaran yang terjadi tidak membesar.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif