Warga melihat bekas makam yang terlihat saat air surut di Waduk Sermo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Selasa (16/7/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Warga melihat bekas makam yang terlihat saat air surut di Waduk Sermo, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Selasa (16/7/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Pemda DIY Punya Dana Pengerahan Penanggulangan

Nasional kemarau dan kekeringan
Patricia Vicka • 24 Oktober 2019 16:08
Yogyakarta: Pemda DIY menyiapkan dana penanggulangann untuk tiga kabupaten yang terdampak kekeringan. Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi, mengatakan dana penanggulangan kekeringan bisa dicairkan untuk mengatasi kondisi darurat dan bencana alam.
 
"Kita ada dana pengerahan. Bisa diambil dari dana APBD dan APBN. Dikeluarkan saat emergency seperti ini," kata Untung kepada Medcom.id di Yogyakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.
 
Namun Untung enggan membocorkan besaran dana tersebut. Untung menyebutkan dana bisa dicairkan jika masyarakat mengajukan proposal penanganan bencana kepada Dinsos. Dana pengerahan bisa menjadi modal bagi warga untuk menjalankan solusi permasalahan kekeringan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untung menjelaskan dana ini hanya bisa dicairkan untuk kelompok warga. Untung menyarankan warga membentuk komunitas dan bersama Pemdes mencari titik air bawah tanah di wilayah Gunungkidul.
 
"Nah tiap tahun warga bisa eksplor dimana titik air itu. Lalu buat sumur bor buat keluarkan air. Bisa ajukan proposal untuk pembiayaan kita," beber Untung.
 
Untung kembali mengatakan Pemda kemudian akan mencairkan dana pengerahan penanggulangan ini untuk membantu mengatasi kekeringan. Sayangnya hingga saat ini belum ada kelompok warga ataupun pemerintah kabupaten yang mengirimkan proposal untuk mengakses dana.
 
Di sisi lain bantuan droping air sebanyak 500 tangki yang disiapkan Dinas Sosial sudah habis. Saat ini Dinsos bekerjasama dengan perusahaan swasta dan organisasi untuk memberikan bantuan droping air ke tiga kawasan ini.
 
Tiga Kabupaten yang memgalami kekeringan adalah Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul yang berstatus siaga darurat kekeringan, dan Kulon Progo yang berstatus tanggap darurat bencana.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif