Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos, Idit Supriatna (tengah), saat memberikan keterangan pers di Balai Wyata Guna, Jumat, 17 Januari 2020.
Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos, Idit Supriatna (tengah), saat memberikan keterangan pers di Balai Wyata Guna, Jumat, 17 Januari 2020.

Kemensos: Balai Wyata Guna Bukan Tempat Permanen Para Difabel

Nasional penyandang disabilitas
Roni Kurniawan • 17 Januari 2020 18:08
Bandung: Kementerian Sosial (Kemensos) menegaskan Balai Wyata Guna tidak pernah mengusir para penyandang difabel penerima manfaat. Namun para penerima manfaat itu telah berakhir masa retensi atau sudah memasuki tahapan terminasi.
 
"Kami tegaskan bahwa tidak ada pengusiran yang dilakukan oleh Balai Wyata Guna," kata Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Rehabilitasi Sosial Kemensos, Idit Supriatna, di Balai Wyata Guna, Jumat, 17 Januari 2020.
 
Idit mengatakan, balai berfungsi sebagai wadah untuk membina penyandang difabel yang bersifat sementara. Setiap tahun Balai Wyata Guna membuka pendaftaran bagi penerima manfaat baru untuk diberikan keterampilan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi bukan tempat permanen, ini proses normal, dan sudah dipahami sejak penerima manfaat menjadi binaan di balai," ungkapnya.
 
Para penerima manfaat ketika memasuki masa terminasi dan mendapatkan berbagai bentuk pelayanan dari balai yang terikat dengan ketentuan atau aturan untuk kembali kepada keluarga.
 
"Dengan bekal yang telah diberikan oleh Balai Wyata Guna, kami tahu di luar sana, saudara-saudara ini dapat menyongsong masa depan yang lebih cerah dengan kemampuan yang dimiliki," bebernya.
 
Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 18 Tahun 2018 menjadi dasar hukum terkait aturan Balai Wyata Guna. Para penerima manfaat mendapatkan pelayanan maksimal selama enam bulan lalu kembali kepada keluarga dan lingkungan asal masing-masing.
 
"Jadi kami tidak mengusir, karena itu sudah ada aturannya," tegas Idit.
 

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif