Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Bulog DIY Jamin Tidak Ada Beras Turun Mutu

Nasional beras bulog
Patricia Vicka • 05 Desember 2019 12:20
Yogyakarta: Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Divre DIY memastikan tidak ada beras yang mengalami penurunan kualitas. Stok cadangan beras dalam kondisi baik.
 
"Di tempat kami enggak ada yang turun mutu. Malah beras kami rata-rata bertahan lebih dari satu tahun," tegasKepala Perum Bulog Divisi Regional Divre DIY Juaheni, di Yogyakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Dia mengungkap strategi yang dilakukan untuk mempertahankan kualitas beras. Salah satunya, penyerapan beras harus kudu dihitung secara cermat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jumlah stok cadangan beras dipasok ga beda jauh dengan permintaan pasar. Sehingga kami gabanyak simpan beras di gudang," jelasnya.
 
Pihaknya juga rutin melakukan fumigasi atau penyemprotan di gudang Bulog di Kalasan, Sleman, DIY, tiga bulan sekali. Fumigasi bertujuan mencegah hama berkembang biak dalam beras.
 
"Kami rutin kontrol kualitas. Kalau ada hama langsung kami tangani," kata dia.
 
Kabid Comersil Sony Supriyadi menambahkan kontrol kualitas dimulai sejak beras masuk dalam gudang. Pihaknya memastikan semua beras yang baru masuk gudang berkualitas prima.
 
"Suhu dan kelembapan di gudang terus dijaga. Kami jaga suhu didalam gudang 24-28 derajat. Caranya kami rajin buka atap dan pintu gudang supaya enggak lembab," imbuhnya.
 
Dia melanjutkan karung beras tak bersentuhan dengan lantai gudang, namun dialas kayu. Hal ini dapat mengurangi kerusakan pada beras.
 
Bulog DIY menargetkan penyerapan beras untuk wilayah DIY, Kedu dan Banyumas sebanyak 89ribu ton per tahun. Hingga kini penyerapan beras baru mencapai 35 ribu ton.
 
Harga beras medium Bulog saat ini dibandrol Rp8.800- Rp 9.200. Sementara harga beras premium adalah Rp9.500 hingga Rp11 ribu.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif