Ilyas dan Warniah orang tua Carmi.
Ilyas dan Warniah orang tua Carmi.

Carmi, Sudah Tidak Bisa Berbahasa Indonesia

Nasional tki
Ahmad Rofahan • 29 Agustus 2019 16:46
Cirebon: Carmi, TKW asal Cirebon yang sempat hilang kontak selama 31 tahun, berhasil ditemukan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyad, Arab Saudi. Namun, Carmi sudah lupa dengan bahasa Indonesia ataupun bahasa daerahnya.
 
Ilyas, 85, orang tua Carmi menceritakan, ia pertama kali berkomunikasi dengan Carmi pada pukul 00.30 WIB dini hari tadi, melalui video call. Karena Carmi tidak bisa berbahasa Indonesia, Ilyas dibantu oleh Atase Ketenagakerjaan KBRI Riyad, Sa'dullah Affandi.
 
"Saya dibantu Pak Sa'dun (panggilan Sa'dullah Affandi), karena Carmi tidak paham bahasa Indonesia dan Cirebon," kata Ilyas, Kamis 29 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Ilyas, apa yang ia sampaikan, selalu diterjemahkan oleh Sa'dun. Ilyas yang juga tidak lancar berbahasa Indonesia, sangat terbantu oleh Sa'dun, karena sama-sama berasal dari Cirebon.
 
"Saya pakai bahasa Cirebon juga, Pak Sa'dun faham," kata Ilyas.
 
Berdasarkan informasi yang ia terima dari Sa'dullah Affandi, Carmi saat ini sudah berada di KBRI Riyad. Carmi akan dikumpulkan dengan sejumlah TKW lainnya dari Indonesia.
 
Berkumpulnya Carmi dengan warga negara Indonesia lainnya, juga diharapkan bisa membuat Carmi kembali bisa menggunakan bahasa Indonesia.
 
"Kata Pak Sa'dun, Carmi ada di KBRI, nanti kumpul sama orang indonesia lainnya. Nanti juga dikasih makan sambel terasi, biar cepat ingat Cirebon," ujar Ilyas sambir tersenyum.
 
Carmi merupakan TKW asal Desa Rawaurip Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Ia berangkat bekerja ke Arab Saudi pada tahun 1988. Setelah tujuh tahun bekerja, keluarga Carmi kesulitan berkomunikasi dan dinyatakan hilang.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif