NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id/Mohammad Rizal)

Bawaslu Tangsel Sungkan Pakai Anggaran Pilkada

Nasional bawaslu Pemilu Serentak 2020
Farhan Dwitama • 25 September 2019 10:31
Tangerang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan mengaku sungkan menggunakan anggaran Pilkada 2020. Ketidakpastian hukum pada kedudukan Bawaslu tingkat kota/kabupaten membuat lembaga pengawas setengah hati menjalankan tugas pokok dan fungsi Pilkada 2020.
 
“Terakhir kami mendapatkan surat diperbolehkan untuk tandatangan NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah). Tapi kan nantinya kami juga takut untuk pelaksanaan anggarannya, karena aturannya sendiri belum jelas sampai hari ini,” kata Acep kepada Medcom.id, Rabu, 25 September 2019.
 
Menurut Acep, pihaknya hanya akan menggunakan anggaran pilkada yang bersumber dari hibah Pemerintah Kota Tangsel bila kedudukan Bawaslu kota/kabupaten telah jelas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami belum berani pakai anggaran karena rawan dan rentan melawan aturan," kata dia.
 
Disinggung mengenai pelaksanaan tahapan pilkada yang akan dimulai Oktober 2019 mendatang, Acep hanya berharap ada Peraturan Pengganti Undang-undang terkait kewenangan Bawaslu pada Pilkada Serentak 2020.
 
“Tapi karena menunggu DPR RI sangat lama, kami yang di bawah tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Bawaslu RI. (Kebijakan) Bawaslu RI akan kami ikuti nanti apa pun aturannya,” pungkasnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya mengusulkan agar dilakukan revisi Undang-undang Pilkada. Salah satunya perubahan nomenklatur kelembagaan Bawaslu.
 
Dalam Undang-undang Pilkada nama Bawaslu masih disebut sebagai Panwaslu yang sifatnya ad hoc. Berbeda dengan di Undang-undang Pemilu yang telah ditetapkan sebagai lembaga tetap.
 
Usulan perubahan nomenklatur dikhawatirkan menghambat kinerja Bawaslu kabupaten/kota. Sebabnya, Panwas hanya dibentuk berdasarkan kebutuhan penyelenggara pilkada sedangkan Bawaslu daerah berwenang memegang jabatan selama satu periode.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif