Jembatan Ampera Palembang. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo
Jembatan Ampera Palembang. Medcom.id/ Gonti Hadi Wibowo

4,59 Juta Pemudik Diprediksi Masuk Sumsel

Nasional Mudik Lebaran Sumatra Selatan Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Gonti Hadi Wibowo • 23 April 2022 14:54
Palembang: Sebanyak 4,59 juta pemudik diperkirakan masuk ke Sumatra Selatan (Sumsel) pada mudik lebaran 2022. Peningkatan aktivitas mudik di Sumsel diperkirakan akan naik 1,7 persen dibandingkan 2019, sebelum masa pandemi covid-19.
 
"Para pemudik di tahun ini diprediksi naik. Mereka akan berdatangan ke Sumsel dari berbagai provinsi baik itu di Pulau Sumatra maupun Jawa," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel, Ari Narsa, Sabtu, 23 April 2022.
 
Baca: PMI Jember Siagakan Dokter dan Ambulans di Posko Mudik Lebaran

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ari mengatakan peningkatan mudik ini disebabkan lantaran dua tahun terakhir tak ada mudik lebaran karena dilarang oleh pemerintah akibat kondisi pandemi covid-19.
 
Dia menjelaskan nantinya jumlah pemudik itu terbanyak akan menggunakan moda transportasi darat dengan alasan wilayah Sumsel sudah terhubung akses tol dari Lampung.
 
"Kami prediksi 50 persen warga banyak yang menggunakan jalan tol. Sehingga kami sudah minta tambah jumlah pintu keluar kepada pengelola agar tidak terjadi penumpukan," jelasnya.
 
Selain itu, untuk jumlah pemudik yang keluar dari Sumsel untuk mudik mencapai 7,29 juta orang. Mereka mayoritas berasal dari Pulau Jawa yang ingin pulang ke kampung halaman setelah dua tahun tak mudik.
 
"Kami mengimbau agar semua pihak yang tetap menjalankan protokol kesehatan. Keselamatan diutamakan selama mudik ini," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif