BRT Koridor 2 Tangerang Mulai Beroperasi
Bus Rapid Transit (BRT) Koridor 2 jurusan Terminal Poris Plawad-Cibodas, Tangerang, telah beroperasi.
Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) Koridor 2 jurusan Terminal Poris Plawad-Cibodas, Tangerang. Bus dengan kapasitas 22 penumpang itu, menambah layanan transportasi massal yang aman dan nyaman bagi masyarakat di Kota Tangerang.

Pejabat Sementara (Pjs) wali kota Tangerang M Yusuf mengatakan, kemacetan menjadi satu permasalahan kota besar. Hal itu tak hanya berdampak pada pemborosan biaya, tapi juga hilangnya waktu produktif. Namun di sisi lain, angkutan umum yang ada di Kota Tangerang belum bisa memberikan kenyamanan penuh bagi masyarakat.

"Karena itu BRT bisa menjadi solusi. Bus ini dilengkapi fasilitas AC dengan 20 tempat duduk dan 2 berdiri, nyaman, aman, terjadwal dan terintegrasi," ujar Yusuf saat melaunching BRT Koridor 2 di eks Terminal Cibodas, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Kamis 7 Juni 2018.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Saeful Rohman menjelaskan, BRT koridor 2 ini akan menambah layanan transportasi dalam kota. Bus akan melintasi trayek baru berjarak 24,5 KM dengan 36 titik pemberhentian.

"Desain armada BRT koridor 2 seperti bus biasa karena tidak ada halte, hanya berhenti di bus stop. Tidak seperti armada Koridor 1 yang pintu penumpangnya tinggi, sesuai dengan haltenya," jelas Saeful.

Sebelumnya, koridor 1 jurusan Poris Plawad-Jatiuwung yang telah beroperasi sejak tahun 2016 sudah mengalami peningkatan penumpang. "Setiap bulannya meningkat, tercatat hingga Maret 2018 ada 38 ribu penumpang," katanya.

Untuk tarif, BRT koridor 2 sama seperti koridor 1 sebesar Rp2 ribu baik bagi penumpang umum maupun pelajar. 

"Tarif sama seperti koridor 1 Rp2 ribu. Kedepan, akan segera ditambahkan 4 koridor lagi yakni jurusan Pinang, Ciledug, Cadas, Bandara Soekarno Hatta ke Terminal Poris Plawad," pungkas Saeful. 




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id