Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari. (Foto: Medcom.id/Roylinus_
Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari. (Foto: Medcom.id/Roylinus_

Sopir Angkutan hingga Petugas Medis Reaktif Covid-19

Nasional Virus Korona
Roylinus Ratumakin • 05 Juni 2020 13:06
Jayapura: Sebanyak 14 dari 290 sopir angkutan kota (angkot) di Kota Jayapura, Papua, reaktif covid-19 usai dilakukan tes cepat (rapid test).
 
Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan, ke-14 orang itu diminta melakukan isolasi mandiri selagi menunggu giliran pemeriksaan swab.
 
"Sample swab akan diperiksa di laboratorium menggunakan metode PCR untuk memastikan apakah betul positif covid-19,’’ ungkapnya, Jumat, 5 Juni 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ni Nyoman mengatakan pihaknya menargetkan sebanyak 745 sopir angkutan bisa dilakukan tes cepat. Untuk tahap pertama, ia baru bisa memeriksa 290 orang.
 
"Hari pertama kami hanya bisa mencapai 290 sopir karena adanya pembatasan waktu beraktivitas,’’ kata dia.
 
Baca juga:Biaya Isolasi Pasien Covid-19 di Jayapura Capai Rp3,2 Miliar
 
Selain sopir angkutan, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan swab metode PCR (Polymerase Chain Reaction), terhadap sejumlah petugas medis setempat. Hasilnya tujuh orang dinyatakan positif terjangkit covid-19.
 
Ia membeberkan ketujuh petugas medis itu berasal dari Puskesmas Eliluyo lima orang dan RS Marthen Indey dua orang.
 
"Mereka yang di Puskesmas Eliluyo itu satu grup, pengambilan swab dilakukan 26 Mei dan hasilnya baru keluar tadi malam,’’ ujar Sri.
 
Untuk sementara, lanjut dia, pelayanan kesehatan di Puskesmas Eliluyo, ditutup sementara dan dialihkan ke Puskesmas Twano di Entrop. Semua petugas puskesmas pun diminta melakukan isolasi mandiri.
 
"Semoga tidak ada penambahan lagi,’’ tutup dia.

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif