NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

ODP Covid-19 Tersebar di Seluruh DIY

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 18 Maret 2020 21:47
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Menyediakan situs informasi untuk memperbarui perkembangan penanganan virus korona covid-19. Sejumlah infomasi pencegahan dan penanganan disajikan dalam situs corona.jogjaprov.go.id.
 
Dalam situs itu pula, disajikan persebaran orang dengan pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), dan pasien positif covid-19. ODP terkait virus korona terdapat di hampir setiap kabupaten/kota.
 
"Peta persebaran tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Di samping itu angka persebaran ini harapan kami dapat dijadikan kewaspadaan kita,” kata juru bicara Pemerintah DIY untuk penanganan covid-19, Berty Murtiningsih saat dikonfirmasi, Rabu, 18 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berty mengatakan peta yang tersaji tak menunjukkan zona merah virus korona di DIY. Kawasan zona merah di tingkat kecamatan sempat tersebar di media sosial terkait aktivitas pasien positif virus korona yang dirawat di RSUP Dr Sardjito. Menurut dia, hal itu tidak benar.
 
"Karena secara epidemiologis wilayah DIY ini adalah wilayah yang padat, tidak terpisahkan, sehingga jangan dimaknai bahwa hanya kecamatan yang ada kasus yang perlu waspada," jelas Berty.
 
Berty berharap masyarakat DIY tetap waspada tanpa disertai rasa panik. Ia mengatakan, instruksi Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, untuk mengurangi kegiatan di luar rumah jika tidak mendesak perlu dilakukan.
 
"Mengurangi berkumpul dengan banyak orang, rajin melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, meningkatkan stamina tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat," ungkap Berty.
 
Saat ini ada dua pasien positif korona di Yogyakarta yang semuanya dirawat di RSUP Dr Sardjito. Data dari Dinas Kesehatan DIY, totoal pasien yang sudah di uji laboratorium sebanyak 31 dengan keterangan 14 negatif, dua positif, dan 15 dalam proses uji.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif