Ilustrasi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

Warga di Sekitar Gunung Semeru Diimbau Waspada

Nasional erupsi gunung
Daviq Umar Al Faruq • 18 April 2020 14:37
Malang: Aktivitas vulkanik Gunung Semeru di Jawa Timur, meningkat selama periode 1-16 April 2020. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) meminta masyarakat sekitar untuk waspada.
 
Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS, Sarif Hidayat, mengatakan, bakal mengintensifkan koordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Sawur, terkait peningkatan aktivitas Gunung Semeru.
 
"Agar nanti langsung dilaporkan ke pimpinan untuk selanjutkan diteruskan Dirjen KSDAE (Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem)," kata Sarif, Sabtu, 18 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Gunung Semeru Semburkan Kolom Abu Setinggi 600 Meter
 
Sarif mengaku telah menyampaikan informasi terkait kondisi aktivitas Gunung Semeru kepada petugas di lapangan. Terutama petugas yang berjaga di lokasi sekitar Besuk Kembar, Besuk Kobokan, dan Besuk Bang.
 
"Agar masyarakat waspada dan meminimalisasi potensi," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merilis terjadi luncuran awan panas sejauh 2.000 meter dari pusat guguran, yang mengarah ke Besuk Bang pada Jumat, 17 April 2020, pukul 06.08 WIB.
 
Selain itu, aktivitas Gunung Semeru didominasi guguran lava dan erupsi tidak menerus saat dipantau lewat pengamatan visual pada periode 1-16 April 2020. Erupsi menghasilkan kolom berwarna kelabu setinggi 400-600 meter di atas puncak berwarna kelabu.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif