Pedagang di Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan hingga 100 persen di pasar induk tersebut. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
Pedagang di Pasar Terong, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan hingga 100 persen di pasar induk tersebut. Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

Harga Sejumlah Bahan Pokok di Sulsel Naik 100 persen

Nasional harga sembako sembako
Muhammad Syawaluddin • 08 Mei 2019 13:45
Makassar: Memasuki Bulan Suci Ramadan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Paling tinggi mengalami kenaikan adalah bawang putih dan cabai rawit yang mencapai 100 persen.
 
"Harga Bawang Putih sekarang Rp50 ribu per kilo. Ini naik karena sebelum puasa itu harganya cuman Rp30 ribu per Kg," kata salah satu penjual di Pasar Terong, Asse, 40, saat ditemui di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 8 Mei 2019.
 
Asse menjelaskan bahwa harga tersebut dinilainya mengalami kenaikan harga tertinggi, meski katanya, harga kebutuhan pokok khususnya bawang putih mengalami kenaikan harga tiap tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tiap tahun naik, tapi baru kali ini tinggi sekali naiknya," kata Asse yang menjawab sambil membersihkan Bawang Putih yang akan dijualnya.
 
Asse juga menjelaskan bahwa kenaikan yang tinggi tersebut dikarenakan kurangnya stok barang yang masuk ke pedagang, sehingga harga tidak bisa dikendalikan. Bawang Putih kebanyakan dari Impor. Sementara untuk Bawang Putih lokal saat ini tidak ada.
 
Dia juga mengatakan bahwa penjualan saat kenaikan harga ini lebih baik, karena yang menjual bawang putih saat ini hanya beberapa orang. Hal itu dikarenakan modal yang harus mereka keluarkan lebih besar dari biasanya.
 
"Kalau penjualan saat ini lebih bagus karena sedikit orang yang jual, karena bertambah modal," jelasnya.
 
Kenaikan yang cukup tinggi juga terjadi pada komoditi cabai rawit. Kenaikan tersebut mencapai 100 persen dari harga awal sebelum masuk bulan suci ramadan yang hanya Rp30 ribu.
 
"Sekarang cabai rawit itu harganya Rp60 ribu per kilogram, sebelumnya cuman Rp30 ribu per kilogram," kata pedagang Cabai Rawit, di Pasar Terong, Syarifah, 49, saat ditemui.
 
Begitupun dengan tomat yang naik menjadi Rp20 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp10 ribu per kilogram. Syarifah mengungkapkan bahwa kenaikan tersebut lantaran barang yang masuk memang masih kurang, apalagi masih awal puasa.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif