Uji Coba Ganjil Genap di Tol Karawaci Mulai 7 Mei

Hendrik Simorangkir 30 April 2018 17:18 WIB
sistem ganjil genap
Uji Coba Ganjil Genap di Tol Karawaci Mulai 7 Mei
Uji coba ganjil genap Tol Jakarta-Tangerang. (ANT/MUHAMMAD IQBAL)
Tangerang: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan menambah pemberlakuan uji coba sistem ganjil genap di Tol Tangerang menuju Jakarta, yakni Tol Karawaci 2. Sebelumnya, uji coba hanya berlaku di Tol Tangerang 2 dan Tol Kunciran 2. 

"Untuk uji cobanya akan diberlakukan pada 7 Mei 2018 dan uji coba hanya kita lakukan selama satu minggu," ujar Humas BPTJ Budi Rahardjo, Senin, 30 April 2018. 

Dia melanjutkan penambahan uji coba ganjil genap di Tol Karawaci 2 karena volume kendaraan ke Jakarta cukup padat. Pihaknya pun menargetkan seluruh tol Tangerang-Jakarta akan memberlakukan program green line yakni ganjil genap kendaraan, larangan jam melintas angkutan barang, dan jalur khusus bus. 


"Semuanya akan diterapkan pada Mei 2018. Yang pasti diberlakukannya sebelum puasa pada 14 Mei 2018," ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Saeful Rohman mengatakan perluasan uji coba hingga ke Tol Karawaci 2 karena pada uji coba sebelumnya berlangsung efektif. 

"Selama dua minggu uji coba di Tol Tangerang 2 dan Kunciran 2, ada penurunan volume kendaraan hingga 34 persen. Dilihat dari itu, BPTJ memperluas lagi uji coba hingga Tol Karawaci 2," jelas Saeful.

Adanya penambahan uji coba ganjil genap di tol Tangerang-Jakarta ditanggapi santai pengendara. Salah satunya, Ega Alfred. Ia mengatakan sudah menerima aturan ganjil genap.

"Awalnya sih saya protes, tapi mau gimana lagi. Namanya aturan, tapi lama-lama jadi terbiasa. Saya sih biasa gunakan pintu Tol Tangerang 2. Sejak diterapkan uji coba ya diikutin saja, terkadang ketika aturannya genap ya saya berangkat pagi atau lewat Karawaci. Nah, sekarang kalau sudah mau diterapkan juga di Karawaci, ya sudah kita ikuti saja. Paling saya berangkat lagi sekali atau naik kereta," kata pria yang bekerja di salah satu perusahaan di kawasan Jakarta Barat itu.

Penerapan uji coba ini pun untuk mengubah pola transportasi masyarakat dari menggunakan kendaraan pribadi berpindah ke kendaraan umum. Selain itu, untuk menambah kecepatan lalu lintas di jalan tol dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Penerapan ganjil genap di Tol Tangerang 2 dan Tol Kunciran 2 dilakukan pada 11 Mei dan Tol Karawaci 2 diterapkan pada 14 Mei.



(LDS)