Fahri Hamzah Serukan Aksi Sosial Koin untuk Lombok

Anggi Tondi Martaon 08 Agustus 2018 17:59 WIB
berita dpr
Fahri Hamzah Serukan Aksi Sosial Koin untuk Lombok
Bantuan untuk korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (Foto:Dok.DPR)
Jakarta: Gempa yang melanda Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) meluluhlantakan kehidupan masyarakat di sana. Dibutuhkan usaha besar untuk memperbaiki keadaan seperti semula.

Mengakali hal itu, Wakil Ketua Fahri Hamzah menggaungkan Koin Untuk Lombok. Diharapkan, tindakan sosial itu bisa meringankan beban masyarakat di Pulau Lombok.

"Gerakan solidaritas nasional untuk recovery korban gempa. Ini mesti menjadi gerakan nasional. Saya perhatikan respons masyarakat luar biasa," kata Fahri saat menyerahkan bantuan kepada korban gempa di Lombok, Rabu, 8 Agustus 2018.


Bantuan tersebut nantinya bisa disalurkan untuk perbaikan hunian masyarakat. Seperti diketahui, mayoritas bangunan di Pulau Lombok rusak, bahkan rata dengan tanah.  

Selain bangunan, recovery terhadap warga di sana juga harus mendapatkan perhatian. Bencana yang terjadi dalam dua gelombang itu menimbulkan luka fisik dan mental bagi masyarakat di sana.

"Bukan luka yang biasa. Ini luka yang dalam. Jadi, mari bersama dalam gerakan 'Koin untuk Lombok'," ucap dia.

Selain menginisiasi Koin Untuk Lombok, pimpinan DPR koordinator bidang kesejahteraan rakyat (Korkesra) itu juga mendesak pemerintah manaikkan status bencana di Pulau Lombok. Sebab, penanganan dampak membutuhkan upaya bersama dan memakan waktu lama.

"Pak, bencana gempa Lombok adalah bencana nasional. Jangan lagi mengatakan, gempa lombok bukan bencana nasional. Ini bencana besar. Ini bencana Nasional. Ini akan lama," ujar Fahri.

Selain menyerahkan bantuan tahap ke tiga, Fahri Hamzah beserta rombongan juga menyempatkan diri melakukan inspektis ke posko darurat gempa milik TNI di Kabupaten Lombok Utara. Di sana, Fahri berdialog dengan perugas posko dan masyarakat korban gempa yang mengungsi.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id