Sejumlah pekerja tengah memanen tanaman padi. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.
Sejumlah pekerja tengah memanen tanaman padi. ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Dinas Pertanian Kudus Gencar Sosialisasikan Asuransi Tanaman Padi

Antara • 25 Juli 2022 15:45
Kudus: Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terus mensosialisasikan program asuransi tanaman padi kepada petani melalui program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).
 
Asuransi tersebut memberikan jaminan atas lahan garapan petani ketika dilanda banjir atau serangan hama.
 
"Kami berharap para petani di Kudus mau mengikuti program AUTP karena sudah tersedia alokasi dari Pemerintah Pusat seluas 2.000 hektare," kata Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kudus, Dewi Masitoh, di Kudus, Senin, 25 Juli 2022.
 
Baca: Pemerintah Didorong Penuhi Kebutuhan Pupuk Bersubsidi Petani

Dia mencatat hingga saat ini baru 86 hektare lahan petani yang sudah lunas pembayaran preminya, meskipun yang mendaftar sudah mencapai 500 hektare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengikuti program AUTP tersebut, menurut dia, tidak memberatkan karena Pemerintah Pusat memberikan subsidi sebesar 80 persen dari nilai premi sebesar Rp180.000 per hektare.
 
"Petani hanya dibebani membayar premi sebesar Rp36.000 karena pemerintah mensubsidi sebesar Rp144.000," jelasnya.
 
Menurut dia biaya preminya tersebut tidak memberatkan petani karena tanamannya selama satu musim tanam mendapatkan jaminan ketika gagal panen akibat hama maupun bencana alam dengan klaim asuransi sebesar Rp6 juta.
 
"Jika alokasi yang diberikan tidak terpenuhi, tentunya akan dialihkan ke kabupaten lain. Tentunya sayang jika tidak dimanfaatkan," ungkapnya.
 
Untuk program AUTP yang ditanggung Pemerintah Provinsi Jateng dengan lahan seluas 400 hektare, sudah terpenuhi karena diprioritaskan untuk lahan yang tanam hingga tiga kali. Sedangkan biaya preminya ditanggung seluruhnya oleh Pemprov Jateng.
 
Untuk mendongkrak kepesertaan program AUTP, pihaknya berencana mensinergikan dengan kelompok tani yang mendapatkan bantuan program dari pemerintah.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif