Relawan membersihkan lumpur sisa banjir bandang di Desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pekan lalu. Rabu, 15 Januari 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani
Relawan membersihkan lumpur sisa banjir bandang di Desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pekan lalu. Rabu, 15 Januari 2020. Medcom.id/ Rhobi Shani

Penyudetan Sungai Pasokan Cegah Banjir Bandang di Jepara

Nasional banjir bandang
Rhobi Shani • 15 Januari 2020 14:32
Jepara: Penyudetan Sungai Pasokan di Desa Sumberrejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan dilakukan. Itu untuk mencegah banjir bandang di desa tersebut.
 
Kepala Desa Sumberrejo, Nur Fakih, mengatakan banjir bandang kerap terjadi sejak sekitar lima tahun lalu. Terakhir banjir bandang terjadi akhir pekan lalu. Banjir bandang disebabkan air sungai Pasokan melimpas ke wilayah permukiman.
 
"Biar tidak banjir lagi sungainya mau diluruskan, sudah disetujui Pak Bupati. Sudah cek lokasi, anggarannya sudah ditentukan," kata Nur kepada Medcom.id, Rabu, 15 Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nur menjelaskan penyudetan Sungai Pasokan sepanjang 200 meter. Anggaran yang disiapkan pemerintah Kabupaten Jepara sebesar Rp1,3 miliar. Selain Sungai Pasokan, penyudetan juga akan dilakukan di satu sungai lainnya yang melintas desa tersebut.
 
"Sungai yang kecil yang ada di atas kalau tidak diluruskan bisa membuat jalan kabupaten tergerus. Jadi nanti ada dua titik yang diluruskan," jelas Nur.
 
Terpisah Ketua DPRD Kabupaten Jepara, Imam Zusdi Ghazali, mengungkapkan pada tahun 2014 pemerintah kabupaten berencana merelokasi warga. Namun, warga enggan dipindahkan.
 
"Memang sudah langganan dan Pemkab sudah pernah mengusulkan untuk relokasi tapi warga tidak mau," kata Imam.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif