Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)

Anggota Keluarga Cendana Akan Diperiksa terkait MeMiles

Nasional investasi bodong
Amaluddin • 16 Januari 2020 15:20
Surabaya: Kapolda Jawa Timur Irjen Luki Hermawan menyebut salah satu anggota keluarga cendana akan diperiksa terkait kasus investasi bodong MeMiles. Dia berinisial AHS.
 
"Kami melayangkan panggilan kepada AHS hari ini. Pemeriksaannya hari Selasa pekan depan," kata Luki, di Surabaya, Kamis, 16 Januari 2020.
 
AHS, kata Luki, diduga terlibat dalam aktivitas di MeMiles. Bahkan istri dan anggota keluarga yang lain pun telah menerima hadiah dari investasi MeMiles milik PT Kam and Kam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"AHS dan istrinya, serta satu orang keluarganya diduga telah menerima reward kendaraan mewah juga (dari MeMiles)," imbuhnya.
 
Namun, Luki belum bisa memastikan apakah AHS menjadi anggota investor MeMiles atau hanya untuk mengangkat nama perusahaan PT Kam and Kam. Penjadwalan pemeriksaan akan membuat terang dugaan-dugaan yang muncul.
 
"Yang jelas kita memanggil ada dasarnya. Ada aliran dana, dan ada menerima reward kendaraan mewah," tegas Luki.
 
Hingga saat ini, Polda Jatim telah menetapkan lima tersangka kasus investasi bodong MeMiles. Yaitu KTM, FS, ML, PH, dan W.
 
Melalui investasi ilegal ini, para tersangka berhasil merekrut sebanyak 264.000 anggota dengan omzet Rp750 miliar dalam waktu delapan bulan. Padahal Memiles diketahui tak mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
 
Dari pengungkapan itu polisi mengamankan barang bukti uang sekitar Rp122,3 miliar, 18 unit mobil, dua unit sepeda motor, dan beberapa barang berharga lainnya. Tersangka dijerat Pasal 160 jo 24 ayat 1 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Pasal 46 ayat 1 UU Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif