Suasana Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Foto: ANT/Zabur Karuru
Suasana Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Foto: ANT/Zabur Karuru

Bau Sampah di Stadion GBT Dikhawatirkan Menganggu

Nasional Piala Dunia U-20
Amaluddin • 01 November 2019 16:34
Surabaya: Bau sampah tercium di kawasan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa khawatir bau berasal dari tempat pembuangan sampah menganggu pertandingan Piala Dunia U-20 2021.
 
"Nanti ketika FIFA ke sana (Stadion GBT) terus pas anginnya masuk ada aroma tak sedap. Makanya kita menyampaikan pilihan lain, bahwa harus ada yang dijadikan venue di Jatim," kata Khofifah, di Surabaya, Jumat, 1 November 2019.
 
Stadion GBT berada di Kelurahan Benowo, Kecamatan Pakal, Kota Surabaya, tidak jauh dari tempat pembuangan sampah TPA Benowo yang berjarak sekitar 200 meter. Selama ini sampah dari Kota Surabaya dibuang ke TPA Benowo mencapai sekitar 1.600 ton per hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Khofifah mengatakan telah menyampaikan sejumlah opsi stadion untuk dijadikan venue. Selain akses jalan ke GBT buruk, Khofifah khawatir bau tak sedap mengganggu saat pertandingan berlangsung.
 
"Itu saya sampaikan jauh sebelum kejadian kerusuhan di GBT oleh oknum suporter. Bahwa GBT bukan satu satunya opsi stadion yang ditawarkan untuk jadi venoe Piala Dunia di Jatim," ujarnya.
 
Khofifah menegaskan sudah meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali agar salah satu stadion di Jatim menjadi venue Piala DuniaU-20. Khofifah menawarkan sejumlah stadion di Jatim yakni Stadion GBT, Stadion Kanjuruhan Malang, Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Stadion Surajaya Lamongan, dan Stadion Gelora Bangkalan Madura.
 
"Dari awal saya menyampaikan opsi, inikan diajukan 10 titik, salah satunya GBT, tetapi saya sudah ke GBT kalau sore kena angin itu aroma sampah, tak sedap," ujarnya.
 
Dia menerangkan pertimbangan pemilihan Stadion Kanjuruhan Malang dapat mendukung latihan tim yang akan bertanding. Sedangkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, tim harus berlatiha di wilayah Surabaya.
 
Dia menginginkan salah satu stadion di Jatim menjadi satu di antara 10 venue yang diajukan ke FIFA. "Dari awal saya katakan harus ada opsi. Sehingga kalau ini kurang, bagaimana kalau ini. Kalau ini kurang, kurangnya apa," tandasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif