Tersangka Murtadji Junaedi, (54).Medcom.id
Tersangka Murtadji Junaedi, (54).Medcom.id

Korban Penipuan CJH Menyesal Tergiur Berangkat Kilat

Nasional penipuan
Syaikhul Hadi • 14 Agustus 2019 14:48
Surabaya: Korban penipuan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) kilat, berinisial V, 28, menyesal telah tergiur bujuk rayu pemberangkatan haji. Dia mengaku tak mengetahui soal proses pemberangkatan haji karena didaftarkan.
 
"Yang mendaftarkan orang tua dan saya juga tidak kenal dengan yang bersangkutan (tersangka penipuan). Saya tahunya ketika sudah mau berangkat, tapi gagal," ujar V saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
V menutukan telah didaftarkan sebagai calon haji secara resmi pada Desember 2018 dan dijadwalkan bakal berangkat pada 2042. Karena penipuan itu, V memilih bersabar dan enggan tergiur pemberangkatan haji kilat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kepada masyarakat jangan mudah percaya dengan iming-iming apa pun," singkatnya.
 
V adalah satu dari puluhan calon haji yang menjadi korban penipuan berkedok pemberangkatan haji jalur cepat. Ia mengaku kaget lantaran namanya tak terdaftar dalam pemberangkatan haji tahun ini.
 
Baca:Penipu Calon Haji Sidoarjo Berbohong soal Jabatan di Kemenag
 
Murtadji Junaidi, warga Bangil Pasuruan yang diduga menjadi koordinator pemberangkatan cepat dilaporkan puluhan calon haji. Para korban geram karena tidak ada kejelasan terkait pemberangkatan haji kilat.
 
Murtadji Junaidi ditangkap polisi sehari setelah dilaporkan. Murtadji kemudian ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa polisi dan berdasarkan keterangan saksi.
 
Dari hasil keterangan saksi, para calon haji diminta menyetor uang Rp5 juta hingga 35 juta agar bisa diberangkatkan ke Tanah Suci melalui jalur cepat. Setelah menyetor duit, para korban diminta menunggu kabar pemberangkatan, paspor, koper dan dokumen lainnya.
 
Nahas, saat pemberangkatan mereka tak mendapati dokumen apa pun. Bahkan nama para korban penipuan tak tercatat sebagai calon haji tahun ini.
 
Baca:Polisi Tetapkan Penipu CJH sebagai Tersangka
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif