Ilustrasi UMKM/MI/Andri Widianto
Ilustrasi UMKM/MI/Andri Widianto

Pemerintah Didorong Lebih Memperhatikan Sektor UMKM saat Pandemi

Nasional Virus Korona UMKM
Al Abrar • 23 Oktober 2020 15:27
Pacitan: Pemerintah diminta lebih memerhatikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat pandemi virus korona (covid-19). Sektor usaha tersebut diyakini mampu menopang perekonomian bangsa jika terus didukung dan dikembangkan.
 
"Agar UMKM dapat terus berkarya dan menghasilkan. Apakah itu berupa insentif, Penyaluran KUR, Keringanan Bunga Cicilan dan lain sebagainya," ujar pendiri sekaligus pembina Yayasan Edhie Baskoro Yudhoyono Foundation (EBY Foundation), Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) melalui keterangan tertulis, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Menurut dia, UMKM merupakan sektor krusial untuk memulihkan ekonomi nasional. Memulai dukungan bagi pelaku usaha itu, Ibas memberikan bantuan kepada 500 UMKM di daerah pemilihan 7 Jawa Timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk memudahkan kegiatan dan kehidupan sedulur sedoyo. Insyaallah, dapat meringankan sedikit dari sekelumit permasalahan yang ada," kata Ibas.
 
Bantuan diberikan pada kelompok-kelompok UMKM di Pacitan, Ngawi, Magetan, Trenggalek, dan Ponorogo. Intensif yang diberikan berupa modal usaha bagi pelaku UMKM.
 
Ibas juga mengadakan pertemuan dengan pedagang secara virtual. Dia mendengar aspirasi masyarakat di sana. Banyak pelaku usaha mengeluhkan omzet di tengah pandemi.
 
"Tidak sedikit yang harus menutup usaha dan kehilangan mata pencahariannya. Tidak ada pemasukan," kata dia.
 
Ibas juga memberikan semangat pada pelaku usaha agar tetap bertahan. Sebab kemampuan survivalitas mereka akan menjadi penentu nasib bangsa ke depan.
 
"Kita harus berjuang melalui beberapa hari gang buruk untuk mendapatkan hari - hari baik dalam hidup kita. Jangan pernah berhenti berusaha, jangan pernah berhenti percaya. Jangan menyerah," ujar dia.
 
Ibas juga memastikan akan terus mengingatkan Pemerintah agar konsisten memberikan perhatian kepada para pegiat UMKM."Saya akan kawal dan ingatkan kepada mereka yang lebih mampu untuk saling peduli dan berbagi pada sesama. Termasuk kepada Pemerintah untuk lebih memperhatikan sektor UMKM agar UMKM dapat terus berkarya dan menghasilkan," ujar Ibas.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif