ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Jumlah Penumpang Bus di Terminal Solo Terdampak PPKM

Nasional Virus Korona Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Triawati Prihatsari • 11 Januari 2021 18:52
Solo: Jumlah penumpang bus di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, turun 50 persen pada hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama pandemi covid-19. Penurunan jumlah penumpang paling banyak terjadi pada penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP).
 
"Penurunan jumlah penumpang terjadi sekitar 50 persen. Misalnya bus AKDP jurusan Purwodadi-Solo, biasanya jumlah penumpang 20an orang yang turun di Terminal Tirtonadi. Hari ini sampai siang baru enam orang," kata Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, di Solo, Senin, 11 Januari 2021.
 
Baca: BPBD Ungkap Penyebab Longsor di Puncak Bogor

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kota Solo masuk dalam daftar pelaksanaan PPKM di pulau Jawa dan Bali yang diterapkan mulai tanggal 11 Januari 2021 hingga 25 Januari 2021.
 
Selain jumlah penumpang yang turun, PPKM juga berdampak pada jumlah armada bus yang tersedia di Terminal Tirtonadi Solo. Jumlah penurunan armada bus dialami pada bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).
 
"Hari ini jumlah bus AKAP yang masuk ke terminal ada 41 bus. Sedangkan AKDP sebanyak 36 bus. Sebelum-sebelumnya armada bus yang masuk sekitar 50 bus baik untuk AKP ataupun AKDP," jelasnya.
 
Sementara pengurus PO Eka Mira, Joni, mengatakan penurunan jumlah penumpang bus jurusan Solo-Surabaya dialaminya sekitar 50 persen.
 
"Penurunan cukup drastis. Karena kalau biasanya baru siang jumlah penumpang busa mencapai 70-80 orang. Hari ini sampai siang  baru dapat sekitar 35 orang. Tapi bagi kami tidak masalah, yang penting bukan lockdown," ungkap Joni.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif