ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Patahan Busur Belakang Sebabkan Gempa Manggarai

Nasional Gempa Bumi bencana alam
Antara • 14 Januari 2021 09:22
Kupang: Aktivitas patahan busur belakakang menyebabkan gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur.
 
Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo, mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa tektonik itu terjadi pukul 08.03.20 WITA, Kamis, 14 Januari 2021.
 
"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas patahan busur belakang (back arc rhrust)," kata Agus dalam keterangan tertulis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kota Gorontalo Mulai Sebar 4.650 Dosis Vaksin Covid-19
 
Dia menjelaskan pisenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,06 LS dan 120,43 BT atau berlokasi di laut pada jarak 61 km arah barat laut Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai, dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Menurut Agus hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakkan oblique naik (oblique thrust fault).
 
Mengenai dampak Agus Wahyu mengatakan guncangan akibat gempa bumi dirasakan masyarakat di wilayah Ruteng III MMI dan Labuan Bajo II MMMI.
 
"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu serta benda-benda yang digantung bergoyang," jelasnya.
 
Ia menambahkan hasil pemantauan BMKG hingga pukul 08,25 WITA menunjukkan tidak ada aktivitas gempa bumi susulan. Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif