Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau PTM terbatas di SDN Pasar Baru 1 Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang.
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau PTM terbatas di SDN Pasar Baru 1 Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang.

Pemkot Tangerang Uji Coba PTM Terbatas Jenjang SD

Nasional Sekolah pandemi covid-19 Pembelajaran Tatap Muka PTM Terbatas
Hendrik Simorangkir • 25 Oktober 2021 14:43
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas jenjang sekolah dasar (SD). Pelaksanaan PTM terbatas di tingkat SD pada tahap I dilakukan di 45 sekolah negeri maupun swasta di Kota Tangerang.
 
"Hari ini yang masuk hanya murid kelas enam saja di tiap sekolah. Di SDN Pasar Baru 1, yang masuk 162 siswa dari total 192 siswa kelas enam. Yang hari ini tidak masuk, ada yang karena sakit atau orangtuanya belum divaksin," ujar Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Senin, 25 Oktober 2021.
 
Arief menuturkan, Dinas Pendidikan Kota Tangerang menerapkan persyaratan yang ketat bagi siswa untuk dapat mengikuti PTM terbatas, mulai dari pembatasan waktu belajar, kapasitas kelas hingga orang tua murid yang sudah mengikuti vaksinasi. Hal tersebut dilakukan demi meminimalisasi risiko terjadinya penularan covid-19, baik di lingkungan sekolah maupun dari lingkungan tempat tinggal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau orang tuanya belum divaksin, anaknya belum bisa ikut PTM di sekolah tapi tetap bisa ikut pembelajaran via daring," katanya.
 
Baca:  14 Sekolah di Bandung Kembali Belajar Jarak Jauh
 
Pada pelaksanaan uji coba PTM terbatas tingkat SD kapasitas ruang kelas akan diisi sebanyak 50 persen dari jumlah total, untuk kelas 4-6 satu hari melakukan PTM selama dua jam. Sedangkan kelas di bawahnya kelas 1-3 selama 1,5 jam.
 
"Tiap tingkatan kelas belajarnya bergantian setiap hari, supaya tidak terlalu banyak siswa yang di sekolah," jelasnya. 
 
Sementara itu, Akbar, salah satu murid kelas 6 A SDN Pasar Baru 1 Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang mengaku senang ketika mengikuti PTM terbatas untuk pertama kalinya. Akbar menambahkan, jika mengikuti PTM terbatas lebih enak ketimbang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).
 
"Senang banget. Terakhir masuk saya kelas 4. Lebih suka PTM soalnya enggak pegang HP (ponsel)," kata Akbar.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif