Ilustrasi--Upacara memperingati HUT ke-74 RI dengan peserta Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Netra 'Bhakti Candrasa'. (Foto: Medcom.id/ Patricia Vicka)
Ilustrasi--Upacara memperingati HUT ke-74 RI dengan peserta Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Netra 'Bhakti Candrasa'. (Foto: Medcom.id/ Patricia Vicka)

Pemkab Jepara Tiadakan Upacara Kemerdekaan di Sekolah

Nasional hut kemerdekaan
Rhobi Shani • 06 Agustus 2020 16:36
Jepara: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, meniadakan kegiatan upacara kemerdekaan di sekolah. Khusus 17 Agustus tahun ini, para siswa diimbau menyaksikan upacara peringatan kemerdekaan Indonesia melalui televisi.
 
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Jepara, Agus Tri Harjono, mengatakan, peniadaan upacara 17 Agustus di sekolah, terutama SD dan SMP, lantaran wilayahnya masih zona merah covid-19.
 
“Upacara hanya (digelar) satu titik di (gedung) Setda (sekretariat daerah). Pesertanya juga terbatas,” ujar Agus, Kamis, 6 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain upacara, ragam perayaan 17 Agustus, seperti karnaval, juga ditiadakan.
 
Baca juga:Kepatuhan Warga Terhadap Protokol Kesehatan di Bawah 50 Persen
 
Sementara itu eKepala SMA Negeri 1 Jepara, Udik Agus DW, mengatakan upacara peringatan kemerdekaan tetap dilaksanakan di sekolahnya. Namun peserta upacara hanya guru yang mendapat jadwal piket pada 17 Agustus.
 
“Sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan Kebudayaan Provinsi, pada 17 Agustus anak-anak diliburkan. Kegiatan (peringatan kemerdekaan) diisi secara daring, yang jelas anak-anak tidak ke sekolah, hanya sebagian guru saja yang masuk,” kata Udik.
 
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, menambahkan sejumlah lomba memeriahkan peringatan kemerdekaan dapat dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.
 
“Di masa pandemi ini semangat kemerdekaan harus tetap disemarakkan suluruh elemen masyarakat,” kata Dian.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif