Kantor DPRD Bantul. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Kantor DPRD Bantul. (Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Kantor DPRD Bantul Ditutup Sementara

Nasional Virus Korona dprd
Ahmad Mustaqim • 24 Agustus 2020 15:01
Bantul: Seorang anggota DPRD Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkonfirmasi positif korona (covid-19). Usai kepastian itu, kantor wakil rakyat di Bantul ditutup sementara.
 
Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso, mengatakan, anggota dewan positif korona diketahui setelah proses penelusuran kasus lain. Setelah mengikuti tes usap, anggota dewan itu baru diketahui terinfeksi covid-19.
 
"Dia menjalani uji lab pada 22 Agustus. Dinyatakan positif (covid-19) pada Minggu pagi (23 Agustus 2020)," kata Sri Wahyu, Senin, 24 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, anggota dewan itu diduga tertular covid-19 dari masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Yang bersangkutan disinyalir sempat melakukan kontak erat dengan pasien positif korona.
 
"Beliau kontak erat, karena itu kita lakukan swab test. Jadi dia hasil tracing dan untuk kategorinya OTG (orang tanpa gejala)," beber dia.
 
Baca juga:Polisi Sebut Kematian Demas Laira Tak Terkait Profesi Wartawan
 
Sri Wahyu mengakui merekomendasikan penutupan sementara Kantor DPRD Bantul hingga Selasa, 25 Agustus 2020. Prosedur itu menyesuaikan kasus serupa yang terjadi di beberapa instansi, termasuk di fasilitas kesehatan.
 
"Sama dengan Puskesmas ya, (penutupan kantor) untuk dekontaminasi, penyemprotan disinfektan ruangan. Tutupnya dua hari paling sampai besok (Selasa, 25 Agustus 2020)," ungkapnya.
 
Ketua Komisi A, DPRD Bantul, Agus Salim, membenarkan salah satu anggotanya terpapar covid-19. Menurut dia, anggota dewan itu tertular covid-19 akibat kontak erat dengan tenaga kesehatan yang lebih dulu terkonfirmasi positif virus korona.
 
"Sekarang sudah dirawat di rumah sakit rujukan (covid-19) di Bantul," ujar Agus.
 
Menurut dia, jajarannya di komisi sudah sejak beberapa waktu lalu tak melakukan kontak maupun pertemuan. Ia memastikan tidak anggota yang kontak dengan legislator tersebut.
 
"Yang jelas dari anggota Komisi A DPRD Bantul sejak libur panjang tidak ada yang kontak dengan yang bersangkutan," jelasnya.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif