Wali Kota Padang Mahyeldi (tengah) Foto: Antara
Wali Kota Padang Mahyeldi (tengah) Foto: Antara

Pemkot Padang Siapkan Regulasi Menuju New Normal

Nasional Virus Korona New Normal
Antara • 03 Juni 2020 22:04
Padang: Pemerintah Kota Padang tengah mempersiapkan diri menyongsong era normal baru yang rencananya diberlakukan setelah berakhir Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga pada 7 Juni 2020. Berbagai sektor tengah disiapkan menghadapi era new normal.
 
"Memasuki era 'new normal' (normal baru) secara bertahap kami tengah merancang pengaktifan kembali rumah ibadah, sektor pariwisata, perdagangan, dan sektor utama lainnya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Menurut dia, setelah diberlakukan era normal baru bagi yang berada di zona hijau akan tetap diberlakukan standar protokol kesehatan penanganan covid-19. "Kami akan umumkan daerah mana saja yang masuk zona hijau dan mana yang zona merah sehingga secara bertahap ekonomi masyarakat bisa kembali bergerak beserta aktivitas lainnya setelah sekian lama terhenti," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemkot Padang akan membuat konsep baru dan penguatan lainnya untuk membantu dan menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat ke depan. Memasuki masa transisi setelah berakhirnya PSBB jilid ketiga pada 7 Juni 2020, pemkot juga tengah mempersiapkan peraturan wali kota.
 
Baca:Pemkot Bogor Kaji Perpanjangan PSBB
 
Ada tujuh sektor yang akan didiskusikan dengan pemangku kepentingan dan akademisi Di antaranya pemerintahan, perdagangan, pendidikan, pariwisata, transportasi, sosial, budaya, dan industri.
 
Mahyeldi berharap, aturan yang dibuat dalam peraturan itu akan lebih komprehensif dan aplikatif sehingga segala sesuatunya berjalan dengan baik. "Perwali ini nantinya juga akan diperkuat lagi ditindaklanjuti dengan peraturan daerah (perda) ke depan sehingga juga akan ada penegakan dan sanksi tegas dalam memaksimalkan penanganan covid-19 di era 'new normal life'," kata dia.
 
Di sisi lain, Mahyeldi menyampaikan meski kasus positif covid-19 di Padang cukup banyak, namun sampai saat ini pihaknya sudah berhasil memutus 11 klaster penyebaran virus. "Yang masih tersisa adalah klaster Pasar Raya yang tengah diputus dan sekarang sudah menunjukkan penurunan kasus positif dibanding hari-hari sebelumnya," kata dia.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif