Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Izin Produksi Vaksin Covid-19 Keluar Januari 2021

Nasional Virus Korona vaksin vaksin covid-19
Roni Kurniawan • 11 Agustus 2020 18:57
Bandung: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menargetkan izin vaksin covid-19 asal Sinovac Tiongkok keluar pada Januari 2021. Izin produksi keluar jika proses uji klinis fase tiga selesai.
 
Kepala BPOM, Penny K Lukito, mengatakan pihaknya terus mengawal proses uji klinis vaksin covid-19 agar berjalan sesuai standar operasional protokol. Dia memastikan, segera mengeluarkan izin produksi dan peredaran ke PT Bio Farma bila penelitian berjalan lancar.
 
"Desember atau Januari awal (2021), kami segera bisa berproses evaluasi hasilnya. Tapi tidak tiba-tiba, sekitar Januari itu juga sudah bisa kita keluarkan izin untuk peredaran dalam kondisi pandemi. Jadi tetap kita jamin aspek keamanan mutu dan efikasinya," kata Penny di RSP Unpad, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 11 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Bio Farma Target 160 Juta Jiwa Divaksin Covid-19 pada 2021
 
Penny mengaku, vaksin dari Sinovac terbilang sudah memenuhi aspek keamanan. Hal itu terbukti pada uji klinis fase satu dan dua yang dilakukan di Tiongkok berjalan dengan baik.
 
"Mudah-mudahan ini juga ada empat negara lain (uji klinis fase tiga), sehingga data lebih lengkap. Insya Allah kita bisa selesaikan dalam waktu yang cepat," tuturnya.
 
Sementara itu, lanjutnya, terdapat beberapa universitas serta industri farmasi di Indonesia tengah mengembangkan riset untuk vaksin covid-19. Rencananya, pengembangan vaksin akan dilakukan kerjasama dengan beberapa negara.
 
"Jadi semakin banyak kesempatan kita untuk berbagai alternatif," ungkapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif