NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Lapas dan Rutan di Jabar Berlakukan Video Call

Nasional Virus Korona
P Aditya Prakasa • 17 Maret 2020 16:34
Bandung: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) di Jawa Barat memberlakukan sistem video call kepada warga yang hendak melakukan kunjungan. Sistem tersebut diterapkan setelah adanya zona merah di sejumlah kota akibat wabah virus korona covid-19.
 
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris, mengatakan adanya zona merah mengacu kepada kebijakan pemerintah daerah.
 
"Untuk daerah yang masuk zona merah, kunjungan atau warga yang besuk ke lapas dan rutan ‎dilakukan dengan video call, tidak bertatap muka. Nanti video call difasilitasi oleh petugas lapas, bisa dilakukan di rumah, kalau kirim makanan masih tetap diterima," kata Aris saat dihubungi, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lima Kampus di Surabaya Mulai Terapkan Kuliah Online
 
Aris mengatakan sistem tersebut tidak mengurangi hak para warga binaan. Menurut Aris cara tersebut sudah efektif untuk mencegah penyebaran virus korona lebih luas di wilayah Jawa Barat.
 
"Kami tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, warga yang besuk kan datang ke Lapas dan Rutan pakai angkot, ojek, berpapasan dengan orang yang enggak tahu siapa, lalu masuk ke lapas dan rutan," jelas Aris.

Untuk di wilayah zona kuning, kata Aris, kunjungan masih bisa dilakukan dengan bertatap muka. Sementara zona hijau masih aman. Saat ini, lanjut Aris, Kanwil Kemenkum HAM Jabar berkoordinasi dengan Pemprov Jabar dan pemerintah daerah terkait pencegahan virus corona. Kebijakan tersebut akan diberlakukan secepatnya.
 
"Saat ini sedang tahap sosialisasi di tiap lapas dan rutan. Mungkin bisa minggu-minggu ini diberlakukan," jelas Aris.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif