NEWSTICKER
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.
Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Wali Kota Solo Usul Massa Darurat Korona Hingga Juli

Nasional Virus Korona
Triawati Prihatsari • 18 Maret 2020 22:42
Solo: Wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengusulkan agar massa darurat akibat virus korona diperpanjang hingga Juli 2020. Hal itu menanggapi pengumuman dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memperpanjang massa darurat korona hingga 29 Mei 2020.
 
Bagi Rudy, perkembangan penyebaran virus korona atau covid-19 di Indonesia terjadi terlalu cepat. Hal itulah yang mendasari dirinya untuk mengusulkan perpanjangan waktu siaga darurat.
 
"Virusnya menyebar sangat cepat, jadi kalau tidak ditangani dengan tepat khawatirnya bisa muncul lagi virus yang sama di waktu-waktu mendatang," papar Rudy, di Solo, Rabu, 18 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rudy, fenomena virus korona ini masuk dalam kategori bencana non alam. Sehingga jika masa siaga darurat diperpanjang dirasa akan lebih baik, karena pemerintah akan lebih fleksibel lagi dalam menerapkan kebijakan penanganannya. Dalam hal ini, akan sangat sah jika pemerintah memperpanjang masa siaga darurat hingga virus covid-19 tersebut benar-benar hilang.
 
Maka konsekuensinya, lanjut Rudy, jika perpanjangan lagi dilakukan, masyarakat harus benar-benar mematuhi kebijakan yang diterapkan.
 
Termasuk himbauan untuk tidak pulang kampung, berkumpul dan aktivitas dengan jumlah orang banyak,” beber Rudy.
 
Seperti diketahui, Kota Solo mulai menerapkan status kejadian luar biasa (KLB) korona sejak Jumat malam, 13 Maret 2020. Penerapan status KLB tersebut dilakukan setelah terdapat seorang pasien positif korona meninggal di RSUD dr Moewardi Solo.
 
Rudy berharap, dengan penerapan status KLB tersebut akan semakin membuat warga Solo berhati-hati dan menjaga kondisi kesehatannya masing-masing.
 
"Kita menerapkan status KLB agar masyarakat semakin waspada. Karena penyebaran virus korona ini sangat cepat," pungkasnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif